tech

Spotify vs Youtube Music, Layanan Streaming Mana yang Lebih Baik?

Penulis Nadira Sekar
Jan 05, 2024
Foto: Spotify vs Youtube Music (dok. ThePhrase.id/Nadira)
Foto: Spotify vs Youtube Music (dok. ThePhrase.id/Nadira)

ThePhrase.id - Dalam era digital yang terus berkembang, mendengarkan musik tidak lagi terbatas pada koleksi pribadi. Layanan streaming telah merevolusi cara kita menikmati musik, dengan Spotify dan Youtube Music menjadi dua platform terkemuka yang menawarkan akses tak terbatas ke jutaan lagu. Namun, antara keduanya, mana yang sebenarnya lebih baik? 

Koleksi Musik

Baik Spotify maupun YouTube Music, dengan kemitraan label besar mereka, memiliki perpustakaan yang luas dengan lebih dari 100 juta lagu. Dengan berbagai genre musik yang tersedia, jarang ada lagu resmi yang hilang di salah satu platform.

Kedua aplikasi memiliki lagu-lagu niche dan tak resmi. Namun, YouTube Music menawarkan variasi konten pengguna, seperti cover, demo, dan remix yang tak dapat ditemukan di Spotify.

Pengalaman Pengguna

Spotify vs Youtube Music  Layanan Streaming Mana yang Lebih Baik
Foto: Tampilan Aplikasi Spotify dan Youtube Music (dok. ThePhrase.id/Nadira)

Spotify menonjol dalam tata letak yang ramah pengguna, memberikan pengalaman yang mulus dalam menemukan musik baru melalui fitur playlist yang disesuaikan dengan preferensi pendengar. Algoritma canggih mereka merekomendasikan lagu berdasarkan sejarah mendengarkan, membuatnya mudah untuk menemukan musik yang sesuai dengan selera. 

Di sisi lain, YouTube Music menawarkan pengalaman unik dengan integrasi langsung ke platform YouTube. Pengguna dapat menonton video musik langsung atau mendengarkan lagu tanpa iklan dengan langganan premium YouTube.

Perbedaan utama di aplikasi mobile Spotify adalah Clips, video pendek yang menambah nuansa media sosial serupa Instagram atau TikTok. Sayangnya, YouTube Music tak memiliki fitur serupa, kecuali Mode Video yang memungkinkan beralih antara trek audio dan video musik yang sesuai.

Kualitas Audio

Spotify menawarkan kualitas audio hingga 320 kbps dalam format Ogg Vorbis, sementara YouTube Music hingga 256 kbps dalam format AAC. Perlu dicatat, versi gratis keduanya membatasi kualitas audio masing-masing menjadi 160 dan 128 kbps. Secara teknis, Spotify memiliki kualitas suara lebih baik, tapi kualitas sebenarnya dipengaruhi oleh koneksi internet dan perangkat.

Harga dan Langganan

Kedua platform memiliki versi gratis dengan iklan, namun untuk pengalaman tanpa iklan, keduanya menawarkan langganan premium dengan harga beragam. Spotify memiliki beberapa opsi paket keluarga dan individu, sedangkan YouTube Music juga menawarkan langganan keluarga, student, dan premium individual dengan harga yang kompetitif.

Fitur-fitur Lainnya

Spotify vs Youtube Music  Layanan Streaming Mana yang Lebih Baik
Foto: Fitur Lirik Spotify dan Youtube Music (dok.ThePhrase.id/Nadira)

Baik YouTube Music maupun Spotify menyediakan lirik lagu, tetapi desain Spotify dan pengguliran otomatis yang ditawarkannya memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Selain itu, fitur unik Spotify yaitu Storyline memberikan wawasan tentang pembuatan dan produksi lagu yang tidak ada di YouTube Music.

Spotify juga menghadirkan fitur Smart Shuffle yang meningkatkan pengalaman shuffle dengan menambahkan lagu baru dan serupa ke dalam daftar putar Anda untuk pengalaman mendengarkan yang lebih personal. Sebaliknya, shuffle YouTube Music hanya mengacak urutan daftar putar Anda tanpa memperkenalkan lagu-lagu baru, membuat pendekatan Spotify lebih dinamis dan berpusat pada pengguna.

Dalam personalisasi audio, baik Spotify maupun YouTube Music memiliki equalizer, tapi Spotify menonjol dengan fitur tambahan seperti Crossfade, Gapless, dan Automix yang membuat pengalaman pemutaran lebih mulus. YouTube Music tidak memiliki efek transisi canggih seperti itu.

Meski demikian, kemampuan YouTube Music memutar file lokal dan akses mudahnya adalah keunggulan besar. Aplikasi ini mendeteksi file lokal tanpa langkah tambahan. Spotify memerlukan proses lebih untuk hal yang sama.

Terakhir, salah satu fitur paling menyenangkan dari Spotify adalah seri tahunan Wrapped-nya. Ini memberikan wawasan tentang bagaimana Anda mendengarkan musik dalam setahun terakhir. YouTube Music juga memiliki tinjauan akhir tahun tentang kebiasaan mendengarkan Anda, disebut Recap, tetapi tidak se dinamis Spotify Wrapped.

Pilihan antara Spotify dan YouTube Music sebagian besar bergantung pada preferensi individu. Jika Anda lebih suka pengalaman mendengarkan yang fokus pada musik dan menemukan lagu baru, Spotify mungkin menjadi pilihan yang lebih baik. Di sisi lain, jika Anda menikmati menonton video musik, konser, atau memiliki kecenderungan untuk mencari rekaman live, YouTube Music mungkin lebih sesuai.

Jika Anda sudah memiliki langganan YouTube Premium atau sedang mempertimbangkan untuk berlangganan, YouTube Music disertakan secara gratis dalam langganan YouTube Premium tersebut, yang membantu Anda menghemat uang. [nadira]

 
Related News

Popular News

 

News Topic