ThePhrase.id - PT MRT Jakarta (Perseroda) resmi menuntaskan pembangunan terowongan kereta bawah tanah terdalam di Indonesia dengan kedalaman sekitar 28 meter dari permukaan tanah.
Terowongan sepanjang 390 meter ini menghubungkan Stasiun Harmoni dan Stasiun Sawah Besar, sebagai bagian dari paket kontrak CP202 proyek MRT Jakarta Fase 2A. Dengan selesainya konstruksi ini, jalur MRT dari Stasiun Bundaran HI hingga Stasiun Sawah Besar kini resmi tersambung.
“Terowongan ini merupakan terowongan kereta bawah tanah terdalam di Indonesia saat ini dengan kedalaman mencapai 28 meter di bawah permukaan tanah. Dibangun selama empat bulan, Mei-September 2025, menggunakan mesin bor terowongan (TBM) 1 yang diluncurkan oleh Gubernur DKI Jakarta pada 9 Mei 2025 lalu,” jelas Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta (Perseroda) Weni Maulina.
Ia menjelaskan, TBM tersebut akan melanjutkan pengeboran menuju Stasiun Mangga Besar sepanjang 790 meter dengan kedalaman serupa, yang ditargetkan selesai pada Juni 2026.
Paket CP202 sendiri mencakup pembangunan Stasiun Harmoni, Sawah Besar, dan Mangga Besar, beserta terowongan sepanjang total 1,8 kilometer. Dengan kedalaman hingga 28 meter, stasiun dan terowongan di Sawah Besar dan Mangga Besar akan menjadi yang terdalam di Indonesia. Berbeda dari fase sebelumnya, desain kedua stasiun ini dibuat bertingkat karena lokasinya berada tepat di bawah Jalan Gajah Mada (Sawah Besar) dan Jalan Hayam Wuruk (Mangga Besar).
Kedua stasiun nantinya memiliki empat lantai. Lantai satu akan berfungsi sebagai concourse, lantai dua sebagai peron jalur selatan (ke Stasiun Lebak Bulus), lantai tiga untuk kebutuhan mekanikal, dan lantai empat sebagai peron jalur utara (ke Stasiun Kota). Adapun detail masing-masing stasiun adalah:
Selesainya terowongan Harmoni–Sawah Besar menandai capaian penting dalam pengembangan infrastruktur perkeretaapian perkotaan modern di Indonesia yang mengacu pada standar internasional. [nadira]