tech

Sudah Bisa Dibeli Secara Global, Ini Keunggulan dan Harga PlayStation 5 Slim

Penulis Nadira Sekar
Nov 23, 2023
Foto: PS5 Slim (dok. Playstation)
Foto: PS5 Slim (dok. Playstation)

ThePhrase.id - Salah satu produsen elektronik terkemuka asal Jepang, Sony resmi meluncurkan perangkat PlayStation5 (PS5) Slim baru ke pasar global pada 10 November 2023 lalu. 

Konsol versi ramping ini sudah tersedia untuk pembelian resmi di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Inggris dan Jepang. Sementara pre-order telah dibuka di beberapa marketplace di Indonesia.

Model PS5 terbaru (Slim) memiliki sebuah laci Drive Disc Blu-ray Ultra HD yang bisa dilepas-pasang melalui konektor USB-C. Laci ini berguna bagi pengguna yang menyukai penggunaan kaset fisik untuk bermain game atau menonton film Blu-ray serta DVD. Dengan laci yang dapat dilepas, PlayStation 5 "Slim" menjadi lebih portabel dan mudah dibawa ke mana-mana.

Lebih menarik lagi, pengguna bisa menambahkan laci cakram ini ke PS5 Slim Digital Edition, memungkinkan penggunaan game fisik pada Digital Edition. Perlu diperhatikan, laci Drive Disc untuk PS5 Digital Edition dijual terpisah dengan harga sekitar 79.99 dolar AS (sekitar Rp1,2 juta). Laci ini tidak kompatibel dengan PS5 Digital Edition yang sudah beredar di pasaran.

Menurut Sid Shuman, Senior Director, SIE Content Communications PlayStation, PS5 model terbaru hadir dengan volume yang lebih kecil hingga 30 persen dan bobot yang lebih ringan hingga 24 persen.

Sudah Bisa Dibeli Secara Global  Ini Keunggulan dan Harga PlayStation 5 Slim
Foto: PS5 Slim (dok. Playstation)

Meskipun memiliki dimensi yang lebih kecil, PS5 Slim hadir dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar daripada model "reguler", yakni 1TB, meningkat dari 825 GB pada PS5 model sebelumnya. 

Secara spesifikasi, PS5 Slim sama dengan model sebelumnya. Keduanya menggunakan CPU AMD Ryzen Zen 2 dengan inti CPU berkecepatan 3,5 GHz. Keduanya juga mengandalkan GPU AMD Radeon RDNA 2. Perbedaannya, GPU PS5 mendukung ray tracing secara hardware, sementara GPU PS5 Slim mendukung Ray Tracing Acceleration yang mempercepat proses kalkulasi ray tracing. 

Ray tracing sendiri merupakan teknik rendering 3D yang memvisualisasikan pantulan cahaya dan efek sinematik secara real-time di dalam game. Teknologi ini membuat tampilan game lebih realistis, seperti pantulan cahaya matahari pada bodi mobil yang mengkilap. Terdapat juga peningkatan daya komputasi GPU sebesar 0,02 teraflops, dari 10,28 teraflops menjadi 10,3 teraflops. Daya komputasi yang lebih tinggi menjanjikan performa konsol yang lebih baik.

Mengenai konektivitas, PS5 Slim kini dilengkapi dengan dua port USB-C, berbeda dengan PS5 saat ini yang hanya memiliki satu port USB-C dan satu port USB-A. USB-C menawarkan kecepatan transfer data yang lebih tinggi dibandingkan USB-A. 

Saat ini PS5 Slim dapat dipesan di beberapa marketplace seperti Tokopedia. PS5 Slim dengan Drive Disc dijual seharga Rp9,4 juta dan PS5 Digital dijual seharga Rp8,1 juta. [nadira]

 
Related News

Popular News

 

News Topic