Survei LSI Januari 2023: Ganjar dan PDIP Posisi Teratas, Demokrat Salip Golkar

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengadakan survei nasional bertajuk “Kinerja Presiden, Pencabutan PPKM, Ketersediaan Bahan Pokok dan BBM, serta Peta Politik Terkini” pada 7-11 Januari 2023. Hasil survei menunjukkan nama Ganjar Pranowo dan PDI Perjuangan tempati posisi teratas.

Djayadi Hanan, DIrektur Eksekutif LSI. (Sumber: Tangkapan Layar Zoom Meeting LSI)

Djayadi Hanan, Direktur Eksekutif LSI memaparkan hasil survei yang dirilis pada 22 Januari 2023 tersebut menunjukkan hasil yang tidak jauh berbeda dengan berbagai survei yang dilakukan sebelumnya.

“PDIP di survei kali ini kami temukan didukung oleh 22 persen (21,9 %), kalau Pemilu Legislatif diadakan sekarang. (Diikuti) Gerindra 12 persen, Demokrat 7,1, Golkar 6,7, Nasdem 5, PKS 5, Perindo hampir 5, PKB hampir 5, dan seterusnya,” ucap Hanan.

Menariknya, dalam survei ini, Partai Demokrat berhasil menyalip Partai Golkar di posisi ketiga. Selain itu, ada dua partai parlemen yang persentasenya di bawah batas parlemen 4 persen yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN). Temuan lainnya adalah Perindo, yang merupakan partai non parlemen berhasil meraih 4,8 persen atau di atas batas ambang parlemen.

Hasil Survei LSI Pilihan Partai. (Sumber: Tangkapan Layar Zoom Meeting LSI)

Terdapat banyak pula suara yang memilih “tidak tahu” (TT) dan “tidak jawab” (TJ). Hal tersebut menurut Hanan dikarenakan saat itu masih awal tahun dan partai-partai peserta Pemilu baru diumumkan, sehingga masyarakat harus melakukan penilaian ulang.

“Tapi yang menarik kami menemukan kali ini cukup banyak yang belum menentukan pilihan. Ada 27 persenan. Biasanya lebih sedikit,” lanjutnya.

Simulasi Pilihan Presiden

Dalam simulasi pemilihan presiden, nama Ganjar Pranowo selalu tempati urutan pertama dalam 3 simulasi, yakni simulasi 19 nama, 10 nama, dan 3 nama.

Hasil Survei LSI Pilihan Presiden. (Sumber: Tangkapan Layar Zoom Meeting LSI)

“Di simulasi 19 nama ini, seperti biasa masih yang unggul adalah Ganjar Pranowo 27 persen diikuti oleh Anies Baswedan sekitar 17 persen, lalu Prabowo Subianto 16 persen, Ridwan Kamil 7 (persen), baru nama-nama lain,” papar Hanan.

Pada simulasi 10 nama, Ganjar Pranowo raih posisi teratas dengan 29,2% suara, Prabowo Subianto di peringkat kedua dengan 19,4% suara, Anies Baswedan posisi ketiga dengan 16,5% suara, Ridwan Kamil raih 8,7% suara dan tempati posisi keempat, dan nama-nama lainnya.

Ganjar Pranowo kembali mendapatkan suara terbanyak pada simulasi 3 nama, di atas Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

“Kalau simulasi 3 nama maka, Ganjar unggul sekitar 10 sampai 12 persen dibandingkan pesaingnya nomor dua yakni Anies 24,2 persen, diikuti oleh Prabowo,” jelas Direktur Ekskutif LSI tersebut. (Rangga)

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you