politics

Survei NSN: Elektabilitas Prabowo-Gibran Meningkat, Anies Salip Ganjar

Penulis Rangga Bijak Aditya
Jan 03, 2024
Pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Instagram/prabowo)
Pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Instagram/prabowo)

Thephrase.id - Hasil survei Nusantara Strategic Network (NSN) tunjukkan hasil pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dua kandidat lain.

Direktur Program NSN Huslidar Riandi mengatakan elektabilitas Prabowo-Gibran mencapai angka 50,8%.

“Elektabilitas Prabowo-Gibran mencapai 50,8 persen, kokoh di atas 50 persen atau berpeluang menang satu putaran pada Pilpres 2024 mendatang,” ucap Riandi dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (1/1).

Elektabilitas Prabowo-Gibran semakin meningkat dan kokoh sejak didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada November 2023 lalu. Pada saat itu dalam satu bulan elektabilitas Prabowo-Gibran meningkat dari 44,5% menjadi 50,3%.

Survei NSN  Elektabilitas Prabowo Gibran Meningkat  Anies Salip Ganjar
Hasil survei NSN, pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran unggul dengan 50,8%. (Foto: Nusantara Strategic Network (NSN))

Menurut Riandi, efek elektoral yang sangat signifikan tersebut dikarenakan berpasangannya Prabowo dengan Gibran yang merupakan putra sulung dari Presiden RI Joko Widodo.

“Sebelumnya Prabowo dan Ganjar masih sama-sama unggul dalam bursa capres, tetapi kemudian Prabowo-Gibran melejit,” tukasnya.

Sementara pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahuf MD bersaing ketat. Elektabilitas Anies berhasil menyalip Ganjar dengan 22,3% sementara Ganjar 21,4%.

Gerindra dan PSI Meningkat, PDIP Melorot

Survei NSN  Elektabilitas Prabowo Gibran Meningkat  Anies Salip Ganjar
Hasil survei NSN, Gerindra dan PSI meningkat, PDIP melorot. (Foto: Nusantara Strategic Network (NSN))

Hasil temuan terkait elektabilitas partai politik ialah ditemukannya kenaikan elektabilitas Partai Gerindra dan juga Partai Solidaritas Indonesia (PSI), sementara PDI Perjuangan yang biasa berada di peringkat teratas melorot ke peringkat dua.

Partai Gerindra bepeluang menjadi pemenang dalam pemilihan legislatif (Pileg) 2024 karena raihan elektabilitas yang mencapai 18,8%, sementara PDI Perjuangan turun ke peringkat kedua dengan elektabilitas 16,3%.

“PDIP melorot ke peringkat kedua, tersalip oleh Gerindra yang bersama PSI mengalami kenaikan elektabilitas yang cukup signifikan,” ujar Riandi.

Menurutnya, turunnya elektabilitas PDIP dikarenakan adanya perpecahan antara Presiden Jokowi dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam menyikapi Pilpres 2024.

Sementara itu, PSI menjadi partai yang mengalami kenaikan elektabilitas yang cukup signifikan, yang mana pada November 2023 sebesar 5,4%, pada survei kali ini mencapai angka 6,1%. (Rangga)

 
Related News

Popular News

 

News Topic