ThePhrase.id – Telkomsel Enterprise melalui tsurvey.id merilis hasil riset dan survei terkait Ramadan Consumer Behavior Insight 2023.
Untuk lebih memahami pola perilaku masyarakat selama Ramadan, tsurvey.id melibatkan lebih dari 2.500 responden pelanggan Telkomsel yang tersebar di 27 provinsi Indonesia dengan berbagai latar belakang yang berbeda.
Hasil survei menunjukkan beberapa valuable insight, terutama mengenai pola mudik Lebaran masyarakat. Sebanyak 72 persen responden lebih memilih mudik di libur Lebaran, sementara 28 persen responden lain memilih untuk berlibur ke kota lain.
Sebagian responden tersebut mempersiapkan mudik dengan membeli tiket transportasi umum dan menyiapkan anggaran untuk mudik dengan kendaraan pribadi. Sebanyak 81 persen responden yang mudik menggunakan transportasi umum mulai membeli tiket sekitar satu minggu hingga satu bulan sebelum hari lebaran.
Sementara responden yang mudik dengan kendaraan pribadi menyiapkan anggaran untuk servis kendaraan. Sebanyak 64 persen responden menyiapkan anggaran servis kendaraan hingga Rp1 juta dengan 60 persen responden lebih memilih bengkel resmi yang terpercaya untuk servis kendaraannya.
“Dengan dirilisnya hasil riset dan survei dari solusi tSurvey.id ini dapat menjadi panduan bagi para pelaku bisnis dalam menjangkau pasar yang lebih luas melalui program marketing Ramadan-nya, sehingga dapat memenuhi semua kebutuhan pelanggan yang beragam selama momen Ramadan dan mudik Lebaran tahun 2023,” ungkap Alfian Manullang, Vice President Data Solutions Telkomsel melalui keterangan tertulis (03/03).
Alfian juga mengungkap bahwa Telkomsel sebagai digital ecosystem enabler berkomitmen untuk selalu dapat memberikan layanan terdepan dan bernilai tambah melalui berbagai layanan digital dan inisiatifnya. Pemanfaatan teknologi digital yang maksimal diharapkan dapat membuka lebih banyak peluang kemajuan bagi para pelaku bisnis dan masyarakat.
Ramadan Consumer Behavior Insight 2023 juga menemukan bahwa 40 persen responden memilih masuk kerja tepat waktu dan pulang lebih cepat agar bisa menikmati waktu menunggu berbuka di rumah.
Preferensi santapan sahur dan berbuka puasa (Foto: twitter/tSurveyID)
Sebanyak 45 persen responden memilih menunggu waktu berbuka dengan persiapan memasak untuk berbuka sementara 36 persen responden memilih menunggu waktu berbuka dengan menonton tayangan streaming.
Sekitar 60 persen responden lebih menyukai memasak sendiri untuk sahur dan berbuka. Namun, terdapat temuan lain terkait makanan alternatif untuk sahur dan berbuka. Frozen food menjadi alternatif makanan sahur favorit untuk 23 persen responden, sedangkan food delivery menjadi alternatif makanan berbuka favorit dengan 30 persentase responden.
Bersamaan dengan pembukaan PPKM, berbagai aktivitas masyarakat pasca masa pandemi Covid-19 mulai pulih. Seperti aktivitas berbuka puasa bersama dengan teman dan kerabat hingga mudik libur lebaran ke luar kota.
Berbuka puasa bersama di restoran menjadi preferensi favorit responden, diikuti dengan berbuka puasa bersama di rumah kerabat. Sebanyak 45 persen responden lebih memilih restoran dan kafe sebagai tempat berbuka puasa bersama dengan anggaran berkisar antara Rp50 ribu hingga Rp100 ribu.
Hasil survey pilihan tempat berbuka puasa (Foto: twitter/tSurveyID)
Hampir 20 persen responden juga menyiapkan anggaran tambahan lebih dari Rp2,5 juta untuk berbelanja kebutuhan di bulan Ramadan. Kategori produk dengan kenaikan anggaran tertinggi yaitu makanan dan minuman, disusul dengan fashion.
Tiga kategori teratas yang dibeli responden secara impulsif dengan mencakup untuk fashion (74 persen), makanan/minuman (48 persen), dan barang elektronik (24 persen). Tren berbagai hampers juga membuat 52 perseon responden menyiapkan anggaran khusus dengan rata-rata anggaran sekitar Rp50 ribu hingga Rp100 ribu per hampers.
Ramadan Consumer Behavior Insight 2023 menunjukkan betapa pentingnya momen Ramadan dan lebaran bagi masyarakat Indonesia. Berbagai hasil dari survey ini juga dapat dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk lebih memahami pola perilaku dan preferensi dari potensi market masyarakat.
“Solusi tSurvey.id dari Telkomsel Enterprise hadir sebagai solusi yang mampu mengoptimalkan program marketing pelaku bisnis dari awal hingga akhir. tSurvey.id mampu membantu kebutuhan riset, baik dalam lingkup akademik, komersial lintas industri, sosial, maupun keperluan riset lainnya secara luas untuk mendapatkan wawasan berharga dari market dan pelanggan,” tandas Alfian. [fa]