tech

Susul Instagram, Facebook Kini Rilis Fitur Reels

Penulis Nadira Sekar
Mar 03, 2022
Susul Instagram, Facebook Kini Rilis Fitur Reels
ThePhrase.id - Berbeda dengan beberapa tahun lalu, tampaknya video pendek akan mendominasi sosial media. Tak mau ketinggalan, Facebook kini meluncurkan fitur reels yang sebelumnya telah hadir di platform besutan Meta, Instagram. Fitur Facebook Reels akan hadir baik untuk iOS maupun Android di lebih dari 150 negara di seluruh dunia.

Foto: Facebook Reels (dok. Meta)


Dalam pernyataan resmi, Facebook mengungkap bahwa separuh waktu yang digunakan di Facebook maupun Instagram dihabiskan dengan menyaksikan video. Sehingga pihaknya mengembangkan fitur Reels untuk memberikan pengalam terbaik bagi Creator untuk berkreasi serta mendapatkan pendapatan.

Nantinya pengguna Reels dapat "me-remix" video orang lain dan mengunggah klip berdurasi hingga 60 detik, seperti halnya dengan Instagram Reels. Pengguna juga dapat menyimpan draf. Facebook juga akan menambahkan alat kliping video baru dalam beberapa bulan mendatang yang dikatakan akan memudahkan pembuat konten yang menerbitkan video rekaman langsung atau berdurasi panjang untuk menguji format yang berbeda.

Untuk memberikan lebih banyak pendapatan terhadap para kreator, Meta juga akan memberikan opsi lebih banyak terhadap monetisasi untuk Facebook Reels.

Foto: Facebook Reels (dok. Meta)


Akan ada dua format baru pada iklan: iklan spanduk yang muncul "sebagai hamparan semi-transparan di bagian bawah Reel" dan iklan stiker statis "yang dapat ditempatkan oleh pembuat di mana saja di dalam Reels mereka."

Perusahaan juga akan memberi para kreator di hampir semua negara tempat iklan in-stream tersedia akses ke program penempatan iklan otomatisnya dan meluncurkan Stars berbayar (cara bagi penggemar untuk langsung menyumbang ke pembuat konten).

Foto: Facebook Reels (dok. Meta)


Di saat yang bersamaan, Facebook Reels juga akan meluncurkan kontrol kesesuaian merek, termasuk Daftar Penerbit, Daftar Blokir, Filter Inventaris, dan Laporan Pengiriman untuk Iklan Spanduk dan Stiker di Reel Facebook di setiap wilayah yang tersedia, memberi pengiklan kontrol lebih besar atas bagaimana iklan mereka muncul

Selain itu, Facebook juga telah menguji iklan layar penuh dan imersif di Reel Facebook sejak Oktober tahun lalu, dan akan meluncurkannya ke lebih banyak tempat di seluruh dunia dalam beberapa bulan mendatang. Sama seperti konten organik di Facebook, orang dapat berkomentar, menyukai, melihat, menyimpan, membagikan, dan melewatinya.

[nadira]

Tags Terkait

-

Artikel Terkait Pilihan ThePhrase

 
Banyak dibaca
Artikel Baru
 

News Topic