Tab Komunitas Hadir di WhatsApp, Apa Kegunaannya?

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Setelah meningkatkan fungsi chat group pada April lalu, WhatsApp meluncurkan pembaruan fitur terbaru ‘WhatsApp Communities’ atau Komunitas yang memberikan lebih banyak fungsi pada chat group.

Foto: dok. WhatsApp

Komunitas WhatsApp, yang kini telah tersedia untuk seluruh pengguna baik Android maupun iOS, muncul sebagai tab terpisah di layar utama WhatsApp dan menggantikan tab kamera yang sekarang berada di bilah atas, di sebelah kiri tombol pencarian.

Komunitas WhatsApp akan menyertakan deskripsi untuk apa Komunitas itu, serta menu sub-grup dalam Komunitas itu yang dapat dipilih anggota untuk bergabung. Itu akan memungkinkan semua cara baru menggunakan aplikasi untuk terhubung, serta memfasilitasi cara untuk tetap berhubungan baru.

Cara Membuat Komunitas

Untuk membuat komunitas WhatsApp, pengguna harus mengklik tab Komunitas dan kemudian mengetuk tombol ‘Mulai komunitas Anda’. Masukkan nama dan deskripsi bersama dengan gambar profil untuk komunitas Anda. Setelah ini selesai, Anda akan berada di jendela Komunitas.

Anda kemudian dapat membuat grup baru di sini, atau menambahkan grup yang sudah ada, keduanya akan memiliki tombol khusus. Jika Anda menambahkan grup yang sudah ada, Anda juga harus menjadi admin grup tersebut. Dalam daftar grup di bawah, Anda juga akan melihat satu grup secara default. Ini adalah Grup Pengumuman.

Ketuk tanda centang di kanan bawah setelah selesai dan Komunitas Anda siap. Perhatikan bahwa saat Anda menambahkan grup baru atau yang sudah ada ke Komunitas, semua anggota juga ditambahkan ke grup Pengumuman Komunitas tersebut.

Menggunakan Komunitas (Admin)
Foto: dok. WhatsApp

Pengumuman: Sebagai admin Komunitas, pengguna dapat mengirim pesan ke semua grup komunitas serta Grup Pengumuman. Teks yang dikirim dalam grup pengumuman akan disiarkan ke semua grup di Komunitas. Hal yang sama berlaku untuk file media, dokumen, dan catatan suara.

Mengundang anggota: Sebagai admin, pengguna juga dapat membagikan tautan Komunitas jika ingin mengundang orang lain untuk bergabung. Pengguna kemudian dapat mengikuti tautan untuk menjadi bagian dari Komunitas tetapi tidak dapat bergabung dengan grup individual sampai mereka diizinkan masuk oleh admin secara manual atau admin lain dari Komunitas atau grup.

Menghapus anggota: Seseorang keluar dari pekerjaan? Pengguna dapat menghapusnya dari grup cukup dengan menghapusnya dari Komunitas. Untuk melakukannya, buka halaman utama Komunitas tersebut, ketuk menu tiga titik di kanan atas dan pilih Lihat Anggota. Anda kemudian akan melihat daftar semua anggota dari semua grup di satu tempat. Ketuk kontak untuk menghapusnya dari Komunitas dan karenanya, semua grup termasuk di dalamnya.

Menambahkan lebih banyak admin: Sebagai admin Komunitas, Anda dapat menambahkan lebih banyak admin untuk membuat pengumuman atau melakukan tindakan lain saat Anda tidak ada. Untuk melakukannya, klik menu tiga titik di halaman utama Komunitas dan pilih Lihat Anggota. Ketuk salah satu anggota dan dalam opsi berikutnya, Anda akan melihat opsi ‘Jadikan Admin’.

Menggunakan Komunitas (Pengguna)

Semua anggota Komunitas memiliki akses ke Grup Pengumuman tempat mereka dapat melihat file, media, dan pengumuman pesan teks dari admin pusat yang ditujukan untuk semua anggota.

Bergabung dengan grup: Jika anggota adalah bagian dari Komunitas, tetapi bukan grup mana pun di dalamnya, mereka dapat menjelajahi berbagai grup di Komunitas dan meminta untuk bergabung kelompok yang relevan. Setelah membuka jendela Komunitas, pengguna dapat mengetuk salah satu grup yang terdaftar di Komunitas untuk meminta bergabung.

Meninggalkan grup atau komunitas: Sebagai anggota komunitas, Anda dapat keluar dari sejumlah grup saat bergabung dengan grup baru jika tidak lagi relevan bagi Anda.

Untuk meninggalkan satu atau lebih grup dalam komunitas, masuk ke jendela detail grup dan temukan tombol untuk keluar di bagian bawah halaman, mirip dengan cara Anda meninggalkan grup WhatsApp biasa.

[nadira]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you