lifestyleCoffee

Tasseography: Cari Tahu Keberuntungan Lewat Ampas Kopimu

Penulis Firda Ayu
Nov 20, 2023
(Foto: Canva/zinkevych)
(Foto: Canva/zinkevych)

ThePhrase.id - Bagi yang suka mencari tahun keberuntungan melalui zodiak atau shio, mungkin akan tertarik melihat keberuntungannya melalui ampas kopi atau tasseography.

Tasseography merupakan istilah umum untuk upaya menebak keberuntungan masa depan melalui ampas kopi, teh, maupun endapan wine. Kegiatan ini menjadi salah satu tradisi manusia paling kuno yang datang dari sepanjang jalur perdagangan antara Asia dan Kerajaan Inggris.

Pembahasan mengenai Tasseography sulit diketahui asal-usulnya namun publikasi paling awal yang menjelaskan mengenai hal ini ada pada sebuah publikasi berjudul Reading Tea Leaves yang ditulis pada sekitar abad ke-18. 

Sementara membaca keberuntungan melalui ampas kopi diketahui merupakan tradisi dari Turki. Hal ini karena meninggalkan ampas kopi di cangkir sangat umum dilakukan apabila kita mengonsumsi kopi tanpa filter dari Turki.

Kopi Turki biasanya menggunakan bubuk kopi yang digiling halus sehingga susah disaring dan meninggalkan endapan atau ampas tebal, menghasilkan pola-pola menarik yang menantang untuk coba ditafsirkan.

Melihat masa depan melalui ampas kopi ini bersifat individual, namun ada beberapa prinsip umum yang dipatuhi praktisi untuk menjunjung tinggi tradisi. 

Tasseography  Cari Tahu Keberuntungan Lewat Ampas Kopimu
(Foto: Canva/pixelshot)

Metode yang paling umum adalah dengan membagi cangkir menjadi dua, satu bagian digunakan untuk melihat peristiwa masa lalu, sementara bagian lain digunakan untuk memprediksi masa depan. Metode serupa juga digunakan untuk memisahkan peristiwa positif dan negatif.

Simbol atau pola tertentu yang muncul satu bagian ampas kopi akan berkonotasi positif, sedangkan simbol atau pola yang sama yang muncul pada bagian lainnya akan bermakna negatif.

Hampir semua sesi tasseography dengan ampas kopi dimulai dengan menutup cangkir kopi dengan piring dan membalikkannya. Prosedur ini akan mengacak ampas kopi dan menghasilkan pola dan desain menarik untuk ditafsirkan.

Untuk menafsirkan ampas kopi, terdapat beberapa arti dari pattern yang umum muncul. Bagi yang ingin mencoba, simak artinya berikut ini dilansir coffeeaffection.

1. Garis 

Garis vertikal sepanjang dinding cangkir kopi menggambarkan aspirasi. Ampas kopi dengan jejak memanjang sampai ke tepi cangkir menunjukkan masa depan cerah untuk tujuan yang diinginkan. Sementara garis yang tidak lengkap menandakan ketidakpastian dan tujuan yang mungkin tidak tercapai.

2. Titik

Sekelompok titik kecil pada ampas kopi menandakan masa depan finansial yang cerah

3.  Segitiga

Pola segitiga pada ampas kopi menggambarkan perubahan. Hal ini sesuai dengan simbol delta pada matematika yang menunjukkan interval antara bilangan dan besaran yang berubah.

4. Lingkaran

Bentuk bulat dan lingkaran menandakan keberhasillan dan hidup yang lengkap.

5. Kotak

Bentuk persegi panjang dan kotak menggambarkan kenyamanan dan kedamaian serta menggambarkan hari-hari tenang di masa depan.

6. Angka

Angka memiliki interpretasi ganda dalam ilmu membaca ampas kopi. Angka tertentu dapat menandakan waktu, seperti angka “2” yang digabungkan dengan garis vertikal yang mencapai tepi cangkir dapat menunjukkan pencapaian tujuan dalam 2 minggu ke depan. 

Angka ini dapat memiliki arti yang lebih abstrak. Seperti “0” pengulangan, “1” awal baru, “3” pertemuan, “5” sukses, “9” peluang, dan arti-arti lain.

Pola pada ampas kopi tentu tidak memiliki kekuatan prediksi apapun, namun seni dan praktik membaca ampas kopi ini sangat menyenangkan. Kalian dapat mencobanya sebagai bentuk refreshing dan hiburan. Tertarik mencoba praktik dari Turki ini? [fa]

 
Related News
Popular News
 

News Topic