sport

Tegas, Shin Tae-yong Menuntut Pembenahan Liga Indonesia!

Penulis Rangga Bijak Aditya
Jan 30, 2024
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong meminta Liga Indonesia untuk segera dibenahi. (Foto: Istimewa)
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong meminta Liga Indonesia untuk segera dibenahi. (Foto: Istimewa)

ThePhrase.id - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengeluarkan pernyataan tegas. Lelaki berkebangsaan Korea Selatan ini menuntut pembenahan Liga Indonesia.

Shin Tae-yong ingin Liga Indonesia lebih banyak melahirkan pemain-pemain berbakat. Pasalnya, Timnas Indonesia sekarang lebih banyak mengandalkan pemain abroad.

Untuk Piala Asia 2023 di Qatar, Shin Tae-yong memang memanggil 16 pemain Liga Indonesia dan hanya sepuluh yang berasal dari kompetisi luar negeri, baik Asia maupun Eropa.

Akan tetapi, dari 16 pemain produk domestik itu, cuma tiga yang tampil reguler bersama Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Ketiganya yaitu Ernando Ari, Rizky Ridho, dan Yakob Sayuri.

Oleh sebab itu, pembenahan di Liga Indonesia wajib hukumnya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan dan memperdalam skuad Timnas Indonesia supaya ada keberimbangan antara pemain inti dan pelapis.

"Saya cukup puas dengan peran PSSI dan kemudian dukungan dari PSSI. Namun berkali-kali saya sampaikan," beber Shin Tae-yong seusai Timnas Indonesia kalah 0-4 dari Timnas Australia.

"Liga Indonesia harus lebih kuat agar karakter Timnas Indonesia juga bisa ditopang oleh level performa liga. Jadi itulah beberapa perubahan yang sangat diperlukan," sambungnya.

Di sisi lain, Shin Tae-yong enggan terlalu meratapi tersingkirnya Timnas Indonesia di babak 16 besar Piala Asia 2023. Pasalnya, pria berumur 53 tahun itu sudah punya rencana lain.

Shin Tae-yong ingin membawa Timnas Indonesia meraih kemenangan atas Timnas Vietnam pada 21 dan 26 Maret 2024 dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di lanjutan Grup F putaran kedua.

"Jadi dalam beberapa waktu mendatang, pada Maret 2024, kami ingin mendapatkan hasil bagus sehingga kami bisa masuk ke babak berikutnya," tandas Shin Tae-yong. (Rangga)

 
Related News

Popular News

 

News Topic