ThePhrase.id – Mengedepankan pengalaman digital yang lebih personal untuk pelanggan, Telkomsel dan Microsoft bekerja sama hadirkan platform marketing Telkomsel terintegrasi dengan Microsoft Azure Artificial Intelligence (AI).
Kerja sama dengan Microsoft ini telah disepakati dalam MoU dan dibahas lebih lanjut dalam Mobile World Congress 2023 yang diselenggarakan di Barcelona. Integrasi ini juga menandai keberlanjutan peta jalan transformasi digital Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia.
"Teknologi AI saat ini telah berkembang pesat, di mana mampu mengubah cara bisnis beroperasi di berbagai industri. Dengan kolaborasi bersama Microsoft,” ungkap Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng, dalam keterangannya, 6 Maret 2023.
Integrasi ini bertujuan untuk meningkatkan customer engagement dan kepuasan pelanggan melalui analisis data insight, sehingga dapat menghadirkan pengalaman yang lebih personal bagi pelanggan. Selain itu, Derrick juga mengungkap bahwa kolaborasi dengan Microsoft ini diharapkan dapat mengeksplorasi peluang-peluang baru dalam meningkatkan platform marketing Telkomsel.
MoU Telkomsel dan Microsoft (Foto: www.telkomsel.com)
Kolaborasi dengan Microsoft ini juga sejalan dengan misi Microsoft untuk memberdayakan setiap orang dan setiap organisasi serta membawa dampak yang besar bagi Indonesia.
“Kami senang dapat melanjutkan hubungan jangka panjang kami dengan Telkomsel dalam mengakselerasi dan meningkatkan transformasi digital di Indonesia,” ungkap Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Dharma Simorangkir.
Telkomsel dan Microsoft akan berkolaborasi dan sama-sama menentukan proses end-to-end dalam meningkatkan dan mengembangkan platform marketing Telkomsel dengan menggabungkan Neural Language Processing. Teknologi ini dapat menganalisis data serta menghasilkan insight yang membantu mengoptimalkan strategi bisnis secara efektif.
MoU Telkomsel dan Microsoft (Foto: www.telkomsel.com)
Telkomsel akan menggunakan algoritma machine learning Azure AI untuk menganalisis data insight, neural language processing untuk bisa memahami interaksi dan sentimen pelanggan lebih baik dengan analitik prediktif untuk mengantisipasi perilaku di masa depan.
Tak hanya menganalisa pelanggan secara lebih baik, teknologi ini juga memungkinkan Telkomsel untuk menciptakan produk maupun layanan yang lebih personal sesuai dengan kebutuhan dan preferensi unik setiap pelanggan.
"Telkomsel berkomitmen untuk menerapkan teknologi terkini dalam menghadirkan pengalaman terbaik bagi pelanggan. Telkomsel akan terus melakukan eksplorasi, uji coba, dan pengembangan inovasi teknologi terkini untuk menghadirkan layanan digital serta pengalaman terbaik melalui solusi layanan yang lebih komprehensif dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan," tandas Derrick. [fa]