Tempat Menarik Kulineran hingga Belanja di Kawasan Pecinan Glodok

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Jelang Imlek, kawasan Pecinan Glodok menjadi salah satu destinasi wisata kulineran yang menarik. Kawasan ini tempat yang tepat merasakan suasana Imlek yang masih kental dengan budaya Tionghoanya. Jalan kaki melalui kawasan ini, kamu dapat melihat kekayaan sejarah yang tersimpan.

Deretan gedung jaman dulu dengan arsitektur China dan juga tempat ibadah tua melengkapi suasana Imlek sembari jalan-jalan mencari tempat yang menarik untuk kulineran ataupun belanja.

Tak hanya bisa dinikmati ketika momen Imlek saja karena kawasan ini memiliki banyak sekali tempat menarik yang dapat dikunjungi bersama teman maupun keluarga. Selain aksesnya yang mudah, di kawasan Glodok ini kamu dapat menjangkau berbagai destinasi wisata dengan berjalan kaki.

Berikut destinasi yang menarik untuk kulineran ataupun berbelanja:

1. Pantjoran Tea House
Pantjoran Tea House. (Foto: dok. ThePhrase.id)

Tepat berada di pintu mas, samping Gapura Chinatown Kawasan Pancoran Glodok, gedung yang sudah dibangun pada tahun 1900 ini berfungsi sebagai toko. Kemudian, sebelum berubah menjadi Pantjoran Tea House, bangunan ini dahulunya merupakan Apotek Chung Hwa.

Teh yang disajikan di Pantjoran Tea House ini berasal dari China yang disajikan dengan gaya Fujian. Dilansir dari South China Morning Post, tempat teh ini merupakan satu-satunya di Jakarta yang menyajikan teh gaya Fujian, yang bahkan merupakan sesuatu yang langka di China.

2. Mencari Cin Chong Fan

Pastinya kalau berkunjung ke Glodok, dua makanan legendaris yaitu Cin Chong Fan dan Mipan tidak boleh dilewatkan. Setelah ke Pantjoran Tea House, jika berjalan masuk menuju Gang Gloria, di sepanjang jalan ini banyak pedagang Cin Chong Fan berjualan. Dengan harga Rp15.000 saja sudah bisa mendapatkan satu porsi Cin Chong Fan.

Chong fan ini merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras dan sagu yang disajikan dengan kuah asin ataupun pedas manis.

Selain Chong Fan sebenarnya ada satu lagi makanan legendaris di kawasan pecinan Glodok ini, yaitu kue Mipan yang juga merupakan hidangan khas China yang saat ini sudah langka. Kue terbuat dari tepung beras ini memiliki rasa dengan perpaduan manis, asin dan gurih. Mipan biasanya disajikan dengan  siraman saus gula merah dan minyak bawang.

3. Kopi Es Tak Kie
Kopi Es Tak Kie. (Foto: dok. ThePhrase.id)

Salah satu tempat kopi legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 1927 terletak di Gang Gloria. Sebelum melanjutkan jelajah kawasan ini, wajib untuk mencoba dan menyantap kopi racikan jadul yang segar di Kopi Es Tak Kie. Tak hanya kopi saja yang disajikan ada juga  aneka mie, kwetiau dan bihun ayam.

4. Jelajah Petak Sembilan dan sekitarnya
Kawasan pecinan Glodok. (Foto: dok. ThePhrase.id)

Bagi yang sedang mencari pernak-pernik, sepanjang jalan ini kamu bisa menemukan banyak toko yang menjual berbagai macam barang, mulai dari barang khas Imlek, pakaian hingga jajan kiloan. Tak hanya itu, menjelang Imlek, kue keranjang juga dapat ditemukan di sepanjang petak sembilan.

5. Petak Enam
Petak Enam di Chandra. (Foto: dok. ThePhrase.id)

Setalah menghabiskan hari untuk mejelajah sekitar kawasan ini dan membutuhkan tempat untuk rehat, Petak Enam dapat menjadi destinasi terakhir di kawasan ini. Petak enam ini cocok banget untuk nongkrong bersama teman maupun keluarga.

Dengan deretan penjual makanan dan minuman yang bervariasi mulai dari hidangan asia seperti dari China, Malaysia, Singapura hingga masakan western. [Syifaa]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you