tech

Threads Versi Web Resmi Dirilis Secara Global

Penulis Nadira Sekar
Aug 29, 2023
Foto: Tangkapan Layar Threads Versi Web (dok. ThePhrase.id/Nadira)
Foto: Tangkapan Layar Threads Versi Web (dok. ThePhrase.id/Nadira)

ThePhrase.id - Setelah diperkenalkan sebagai aplikasi untuk Android dan iOS pada 5 Juli 2023 lalu, Threads, pesaing Twitter yang dikembangkan oleh Instagram, akhirnya meluncurkan versi webnya untuk mempermudah pengguna dalam mengakses platform tersebut melalui desktop.

Peluncuran tersebut diumumkan langsung oleh CEO Instagram Adam Mosseri melalui akun Threadsnya pada Kamis (24/8). 

"threads.net kini sudah tersedia untuk semua orang. Beri tahu kami pendapat Anda ????????," ucap dia melalui akun Threads pribadinya.

Peluncuran ini akhirnya terwujud setelah banyak pengguna Threads merasakan kekecewaan karena ketiadaan versi web. Meskipun sebelumnya pengguna dapat secara manual mengakses profil pengguna, namun pengguna tidak dapat menjelajahi feed mereka, membuat postingan, memberikan tanggapan, atau bahkan masuk ke akun mereka melalui browser seperti yang bisa dilakukan di aplikasi.

Dengan terjadinya penurunan yang cukup signifikan dalam keterlibatan pengguna setelah peluncurannya, banyak yang melihat ketiadaan versi web sebagai penghalang yang besar bagi aplikasi ini. Baik Mark Zuckerberg maupun Mosseri telah berjanji bahwa versi web menjadi prioritas utama untuk Threads, meskipun baru-baru ini Mosseri mengungkapkan bahwa tim sedang mengatasi beberapa masalah teknis terkait pengalaman pengguna.

Sekarang, dengan peluncuran versi web akhirnya, akan menarik untuk melihat fitur "hilang" apa yang akan ditambahkan selanjutnya oleh Threads. Pengguna juga telah mengeluh tentang kurangnya fitur pencarian konten — saat ini hanya memungkinkan pencarian pengguna, bukan postingan spesifik — serta kurangnya penggunaan hashtag. Kedua fitur ini penting untuk membantu orang menemukan konten baru di Instagram dan Twitter.

Namun, satu fitur yang sepertinya tidak akan ditambahkan adalah Direct Messages (DM). Mosseri menyatakan keraguannya dalam menambahkan kotak masuk baru dalam hidup pengguna, walaupun baru-baru ini ia mencetuskan kemungkinan menggabungkan DM Instagram ke dalam pengalaman Threads. Namun, ia membenarkan bahwa fitur penyuntingan postingan sedang dalam tahap pengembangan, sehingga setidaknya pengguna Threads tidak perlu menunggu lebih dari satu dekade untuk mendapatkan tombol sunting.

Tampilan Threads Versi Web

Berbicara mengenai tampilan, bahasa desain yang diterapkan identik dengan tampilan Threads versi mobile. Namun, ada beberapa perubahan kecil pada menu utamanya. Pada menu Home, tampilan situs web didominasi oleh warna putih dan hitam.

Logo Threads terletak di sudut kiri atas, dan ikon dua garis terletak di sudut kanan. Selanjutnya, terdapat tombol "For You" di sudut kiri bawah. Di bagian atas, terdapat lima ikon yang terletak di tengah layar dan dapat diakses oleh pengguna. Kelima ikon ini sama persis dengan ikon Threads versi mobile.

Satu-satunya perbedaan adalah bahwa ikon versi mobile berada di bagian bawah layar, sedangkan dalam versi web, ikon-ikon tersebut ditempatkan di bagian atas. Ikon pertama berbentuk rumah, yang mengarahkan pengguna ke beranda (timeline); ikon berbentuk kaca pembesar "Search" digunakan untuk melakukan pencarian konten, profil akun, dan lainnya.

Ikon ketiga digunakan untuk mengirim unggahan, ikon hati untuk melihat notifikasi (seperti konten yang disukai dan informasi mengenai pengguna yang diikuti), dan ikon profil untuk melihat akun pengguna.

Di bawah kelima ikon ini, terdapat kolom dengan tulisan "Start a thread...". Kolom ini digunakan untuk mengirim posting yang ingin diunggah. Di bawahnya, terdapat timeline atau unggahan dari akun lain.

Pengguna dapat menggulir layar untuk melihat seluruh konten. Tampilan yang disajikan terlihat sangat minimalis dan sederhana. [nadira]

 
Related News

Popular News

 

News Topic