politics

Tiga Pasangan Capres-Cawapres Nyatakan Siap Ikuti Debat

Penulis Rangga Bijak Aditya
Dec 01, 2023
3 pasangan capres-cawapres saat hadiri acara deklarasi Pemilu 2024 damai di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (27/11/23). (Foto: Instagram/kpu_ri)
3 pasangan capres-cawapres saat hadiri acara deklarasi Pemilu 2024 damai di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (27/11/23). (Foto: Instagram/kpu_ri)

ThePhrase.id - Tiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nyatakan kesiapannya dalam mengikuti debat capres-cawapres yang akan diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dalam waktu dekat.

Diketahui debat perdana capres-cawapres akan digelar di Kantor KPU RI, Jakarta, pada Selasa, 12 Desember 2023 dengan tema yang diangkat yaitu terkait hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Anies-Muhaimin Siap sejak Tahun Lalu

Pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menyatakan sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti debar capres-cawapres sejak tahun lalu.

“Persiapannya sudah bertahun-tahun yang lalu,” ucap Anies ketika ditanya awak media di Jakarta, Rabu (29/11) dikutip Antaranews.

Menurutnya, debat capres-cawapres tidak seperti cerdas cermat yang harus belajar lebih dulu. Karena itu ia memastikan bahwa dirinya sudah mempersiapkan diri menuju debat capres-cawapres itu.

Wakil Kapten Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN), Sudirman Said mengatakan bahwa Anies-Muhaimin tidak mengadakan persiapan khusus untuk hadapi debat capres-cawapres.

“Tentu saja (debat) lebih serius sifatnya karena itu formal, tapi kita tidak menyiapkan khusus karena apa-apa (gagasan dan visi-misi) yang ditawarkan sudah sering ditawarkan dan itu juga sudah menjadi pengetahuan publik,” ucap Sudirman di Jakarta, Rabu (29/11).

Prabowo-Gibran Sudah Miliki Persiapan Matang

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani menyebut bahwa pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka juga siap untuk mengikuti debat perdana capres-cawapres.

“Insyaallah, sudah siap. Baik Pak Prabowo maupun Mas Gibran. Insyaallah, sudah siap,” ujarnya di Menteng, Jakarta, Kamis (30/11).

Ketua Koordinator Strategis Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Sufmi Dasco Ahmad juga mengungkap bahwa cawapres Gibran sudah mempunyai persiapan matang untuk hadapi debat yang digelar oleh KPU itu.

“Sebagai seorang pemimpin yang sekarang ini juga sudah berkiprah di pemerintahan, lalu kemudian juga sudah mengikuti pemilihan kepala daerah yang dipilih langsung oleh rakyat, tentunya kami yakin Mas Gibran juga punya persiapan matang,” papar Dasco di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta, Kamis.

Ganjar-Mahfud Siapkan Visi-Misi yang Utuh 

Pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahuf MD juga menyatakan bahwa mereka siap untuk mengikuti debat perdana capres-cawapres yang digelar pada tanggal 12 Desember 2023 mendatang.

“Ada persiapannya, kita menyiapkan hal-hal yang sifatnya satu konsep yang utuh, yang sesuai visi misi,” tukas Ganjar di Jakarta, Kamis (30/11).

Ia menyatakan, meskipun dirinya dan Mahfud MD memiliki pengalaman dan rekam jejak yang dapat dilihat masyarakat, gagasan yang mereka sampaikan dalam debat nanti tetap harus diimplementasikan.

“Tentu kami punya pengalaman yang bisa ditunjukkan kepada masyarakat, tapi yang paling utama adalah bagaimana agar masyarakat yakin bahwa gagasan kami harus bisa diimplementasikan,” tandasnya. (Rangga)

 
Related News

Popular News

 

News Topic