ThePhrase.id - Dalam upaya meningkatkan kenyamanan penumpang, PT KCIC menerapkan kebijakan baru yang memungkinkan penumpang untuk melakukan penjadwalan ulang atau reschedule tiket Whoosh hingga 15 menit setelah jadwal keberangkatan tanpa dikenakan biaya tambahan.
Dengan kebijakan baru ini, penjadwalan ulang khusus transaksi di website ticket.kcic.co.id dan aplikasi Whoosh dapat dilakukan secara online hingga 5 menit sebelum keberangkatan. Sementara itu, untuk layanan offline di loket stasiun, reschedule bisa dilakukan hingga 15 menit setelah jadwal keberangkatan. Sebelumnya, proses perubahan jadwal hanya dapat dilakukan maksimal 2 jam sebelum keberangkatan.
Kebijakan ini diharapkan dapat memberikan fleksibilitas lebih besar, terutama bagi penumpang yang mengalami keterlambatan atau perlu mengganti jadwal secara mendadak.
Adapun ketentuan baru terkait potongan biaya reschedule adalah sebagai berikut:
General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa, menyatakan bahwa perubahan ini dilatarbelakangi oleh dua hal utama. Pertama, meningkatnya frekuensi perjalanan Whoosh yang kini tersedia setiap 30 menit. Hal ini membuat layanan Whoosh semakin mirip dengan kereta komuter, sehingga membutuhkan kebijakan yang lebih adaptif. Kedua, adanya kebutuhan penumpang yang menginginkan proses reschedule yang lebih mudah dan terjangkau.
“Kini, pelanggan memiliki kemudahan untuk menyesuaikan jadwal perjalanan mereka tanpa khawatir akan kehilangan kesempatan perjalanan mereka. KCIC terus berkomitmen untuk menghadirkan layanan transportasi cepat yang nyaman, fleksibel, dan sesuai dengan kebutuhan penumpang.” ujar Eva.
Meski begitu, KCIC tetap mengimbau penumpang untuk antre dengan tertib saat melakukan proses perubahan jadwal secara langsung di loket stasiun. [nadira]