ThePhrase.id - TikTok berhasil mengalahkan Google sebagai website paling populer pada tahun 2021. Hal ini diungkap oleh Cloudflare, perusahaan web security and performance asal Amerika Serikat. Sebelumnya, TikTok menduduki peringkat ketujuh pada tahun 2020.
Photo by cottonbro from Pexels
Selain itu, TikTok juga telah mengalahkan Facebook sebagai platform media sosial paling populer, dengan Meta peringkat ketiga pada tahun 2021.
Di sisi lain, Microsoft telah turun di bawah Facebook di depan perusahaan-perusahaan seperti Apple, Amazon, Netflix, YouTube, Twitter, dan WhatsApp
Menurut Cloudflare, TikTok pertama kali memuncaki peringkat lalu lintas global pada 17 Februari 2021, diikuti beberapa harii di bulan Maret dan Juni, dan akhirnya, tetap di posisi teratas mulai akhir Agustus 2021.
“Ada beberapa saat ketika Google menjadi #1, tetapi Oktober dan November sebagian besar adalah hari-hari TikTok, termasuk pada Thanksgiving (25 November) dan Black Friday (26 November),” tulis Cloudflare dalam keterangan resmi.
TikTok pertama kali menarik audiens remaja yang berfokus pada sinkronisasi bibir dan video tarian. Aplikasi ini kemudian menarik minat pengguna dari segala usia dan demografi, yang mengunjungi platform TikTok untuk tips makanan, meme, bahkan hingga berita.
Meski demikian Cloudflare hanya menyediakan data mentah dan tidak memberikan analisis tren apapun. TikTok, yang bisnis induknya, ByteDance, berbasis di China, kini menjadi satu-satunya situs non-Amerika yang masuk dalam 10 besar.
Jadi Platform Penting
Kenaikan popularitas TikTok tidak diabaikan oleh pengiklan. The New York Times mencatat bahwa dengan keluarnya daftar peringkat Cloudflare platform TikTok dilihat sebagai tempat yang penting untuk melakukan pemasaran.
TikTok dianggap sebagai platform yang tepat untuk melakukan pemasaran pada influencer dan Gen Z di tengah penurunan popularitas televisi kabel secara terus-menerus.
Menurut Times, berinvestasi di ruang iklan TikTok tampaknya merupakan taruhan yang aman, karena tagar #TikTokMadeMeBuySekarang telah dilihat lebih dari 7 miliar kali di platform tersebut. [nadira]