sport

Timnas Indonesia di Piala Asia 2023: Skuad Termuda. Bikin Jepang dan Australia Kelabakan

Penulis Ahmad Haidir
Jan 30, 2024
Timnas Indonesia sudah berjuang maksimal di Piala Asia 2023 Qatar. Foto: Istimewa
Timnas Indonesia sudah berjuang maksimal di Piala Asia 2023 Qatar. Foto: Istimewa

Thephrase.id - Timnas Indonesia datang ke Piala Asia 2023 di Qatar dengan berstatus skuad termuda. Tim Merah Putih juga menjadi negara dengan ranking FIFA terburuk kedua.

Footy Rankings mencatat rata-rata usia pemain Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 adalah 24,33 tahun, unggul atas Timnas Tajikistan yang 24,62 tahun.

Merujuk ranking FIFA terakhir pada 21 Desember 2023, Timnas Indonesia nangkring di posisi ke-146, hanya lebih baik dari Timnas Hong Kong di peringkat ke-150.

Akan tetapi, Timnas Indonesia membuktikan bukan hanya sebagai pelengkap saja. Tim Merah Putih mampu bersaing hingga babak 16 besar meski akhirnya harus menyerah juga.

Setelah kalah 1-3 dari Timnas Irak, menang 1-0 atas Timnas Vietnam, dan takluk 1-3 dari Timnas Jepang, Timnas Indonesia melaju ke babak perdelapan final untuk menantang Timnas Australia.

Seusai menunjukkan performa heroik di babak pertama, Tim Merah Putih mesti mengakui keunggulan Timnas Australia 0-4 di Jassim bin Hamad Stadium, Al Rayyan pada Minggu, 28 Januari 2024 malam WIB.

"Ibaratnya, jika kali ini babak 16 besar, dan itu sudah sejarah, maka berikutnya harus lebih tinggi," tegas Ketua Umum PSSI, Erick Thohir disadur dari Antaranews.

""Artinya, tim yang mayoritas berusia muda ini telah melakoni empat laga dengan lawan-lawan yang punya kualitas di atas," sambung lelaki yang juga Menteri BUMN ini.

"Ada pengalaman yang diperoleh, ada mental yang levelnya seharusnya naik karena melawan tim kuat seperti Timnas Jepang, Timnas Irak, dan Timnas Australia. Ini modal yang baik," kata Erick Thohir.

"Modal usia muda dengan tambahan pengalaman di Piala Asia ini seharusnya menjadi suatu yang lebih besar prestasinya di Piala Asia mendatang," tambahnya.

"Saya berharap, kekalahan dari Timnas Australia tidak perlu diratapi. Masih ada target prestasi yang harus ditunjukkan bagi pemain dan juga pelatih," tutup Erick Thohir.

 
Related News

Popular News

 

News Topic