Tips Memilih Foundation untuk Kulit Berjerawat dan Sensitif

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Memilih foundation untuk kulit berjerawat dan sensitif terkadang susah menemukan yang cocok dan tidak membuat kulit semakin breakout dengan jerawat beruntusan. Tentunya dalam memilih foundation harus melihat yang aman untuk kulit berjerawat.

Salah satu caranya adalah dengan melihat komposisi dan teliti melihat formula produk tersebut. Berikut beberapa tips untuk mempermudah memilih foundation yang tepat.

Pilih foundation yang non-comedogenic

Foto: Pexels/MART PRODUCTION

Untuk kulit berjerawat bahan comedogenic dapat menyumbat pori-pori sehingga dapat menyebabkan kulit rentan terhadap jerawat. Maka dari itu dalam memilih foundation harus memperhatikan yang memiliki formula non-comedogenic.

Non-comedogenik sendiri merupakan istilah dalam suatu produk kecantikan yang diformulasikan tidak menyebabkan penyumbatan komedo agar tidak menyebabkan jerawat.

Pilih foundation dengan formula berbasis air

Untuk kulit yang rentan terhadap jerawat ada baiknya menggunakan foundation dengan formula dasarnya air. Karena jika menggunakan foundation dengan formula yang cenderung berat seperti stick foundation atau cream foundation dapat menyumbat pori-pori karena sifatnya yang tidak breatheable.

Dengan foundation berbasis air, teksturnya yang ringan lebih nyaman dan breatheable untuk digunakan dalam keseharian untuk kulit berjerawat dan sensitif. Selain itu, dengan formula ringan dapat menghindari produk menyumbat pori-pori serta tidak menimbulkan iritasi dan jerawat pada wajah.

Gunakan foundation dengan hasil akhir natural matte

Foundation untuk Kulit Berjerawat
Foto: Pexels/Anna Nekrashevich

Karena kulit berjerawat cenderung berminyak dan juga sensitif, oleh karena itu penting untuk memilih foundation dengan hasil natural matte yang dilengkapi dengan formula oil kontrol.

Produk dengan formula tersebut dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih dalam kulit wajah kita. Kulit berminyak juga merupakan salah satu alasan munculnya jerawat, karena dapat menyumbat pori-pori dan muncul bakteri.

Pilih foundation dengan kandungan pencegah jerawat

Terakhir, penting untuk memperhatikan foundation dengan kandungan pencegah jerawat seperti salicylic acid yang dapat membantu mencegah munculnya jerawat.

Selain memilih foundation dengan kandungan yang benar tentunya harus diiringi dengan penggunaan foundation tidak terlalu tebal dan menggunakan aplikator yang bersih. [Syifaa]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you