etc

Tips Menata Ruang Kantor yang Menyehatkan

Penulis Firda Ayu
Apr 06, 2022
Tips Menata Ruang Kantor yang Menyehatkan
ThePhrase.id – Pekerja kantoran harus menghabiskan sebagian besar waktunya untuk duduk di depan meja kantor saat bekerja. Dengan banyaknya waktu bekerja di ruangan, tentu membuat tata ruang kantor yang menyehatkan menjadi hal esensial untuk diperhatikan.

Produktivitas pekerja dapat menurun karena meja kerja yang berantakan (Foto: canva)


Tata ruang kantor membawa pengaruh bagi kesehatan fisik maupun mental pekerja serta berdampak pada kenyamanan dan produktivitas kerja. Kenyamanan menjadi vital karena pekerja menghabiskan sekitar 33% waktunya di kantor.

Charles Goldstein, seorang professor psikiater klinis dari New York University Langone School of Medicine, menyatakan bahwa otak manusia berhubungan erat dengan sistem endokrin. Endoktrin ini yang melepaskan hormon penting yang dapat menganggu sistem kerja otak manusia. Karena itu, kesehatan mental dinilai sangat penting untuk produktivitas kerja.

Gangguan sistem kerja otak ini diperkirakan menyebabkan kerugian ekonomi yang cukup signifikan secara global. Sekitar 1 triliun dollar AS keuntungan hilang dikarenakan berkurangnya produktivitas akibat permasalahan kesehatan mental.

Tak hanya mempengaruhi produktivitas kerja, gangguan kesehatan mental juga dapat mempengaruhi hubungan antar rekan kerja, kemampuan fisik, dan sehari-hari seseorang baik di tempat kerja maupun rumahnya.

Agar ruang kantor dapat memberikan kenyamanan dan pekerja terhindar dari masalah kesehatan mental maupun fisik, berikut tips menata ruang kantor dari hellosehat.

Menghindari ruangan yang terlalu padat


Ruangan yang terlalu padat dapat menurunkan produktivitas kerja (Foto: canva)


Kini banyak perusahaan yang memilih menggunakan coworking space dan berbagi dengan beberapa perusahaan lain. Meski cenderung lebih murah secara biaya, dalam coworking space pekerja harus berbagi dengan berbagai jenis karyawan dari perusahaan yang berbeda.

Pilihlah coworking space dengan lokasi yang lebih sepi agar privasi lebih terjaga. Selain itu, menggunakan ruangan yang lebih sepi juga dapat meningkatkan konsentrasi kerja karena lebih nyaman.

Menyediakan ruangan yang lebih privat


Meski bekerja membutuhkan kerja sama dan komunikasi antar tim, namun adakalanya kita memerlukan waktu sendiri agar dapat lebih fokus menyelesaikan pekerjaan. Selain ruang meeting bersama, sebuah ruang yang lebih privasi juga diperlukan bagi pekerja yang membutuhkan waktu untuk fokus menyendiri dengan pekerjaannya.

Mengatur posisi layar komputer


Bagi pekerja yang harus menggunakan komputer setiap harinya, pastikan mengatur posisi monitor sedemikian rupa agar tidak menghalangi pandangan. Terutama jika harus bekerja sambil menyimak dan berkomunikasi dengan orang lain.

Kondisi seperti rapat, menghadapi pelanggan, maupun berbicara dengan atasan mampu menganggu kenyamanan bekerja jika posisi layar komputer tidak diatur senyaman mungkin. Pastikan bahwa layar komputer tidak menghalangi dan mengganggu fokus.

Caranya, bisa memilih sudut favorit atau area favorit kalian di kantor agar lebih nyaman dan dapat diatur posisinya.

Perhatikan pencahayaan


Pencahayaan sangat vital mempengaruhi kenyamanan bekerja karena dapat berpengaruh terhadap konsentrasi pekerja. Bahkan masalah pencahayaan juga dapat membuat pekerja pusing dan menderita sakit mata.

Hal ini tentunya mampu mengganggu kenyamanan bekerja sehingga harus dipastikan bahwa ruang kantor memiliki pencahayaan yang cukup, tidak terlalu gelap dan terlalu terang.

Penempatan lampu juga perlu diperhatikan agar posisi pekerja tidak membelakangi cahaya atau berhadapan langsung dengan cahaya yang membuat mata silau.

Usahakan mendapat pencahayaan alami


Tips Menata Ruang Kantor : Meja kantor yang mendapat pencahayaan alami (Foto: canva)


Cahaya matahari dipercaya merupakan cahaya yang lebih baik karena mampu menyeimbangkan jam biologis pekerja. Seperti cahaya pagi saat memulai kerja dan cahaya sore saatnya merampungkan pekerjaan dan bersiap istirahat.

Jika ruangan tidak mendapat akses cahaya matahari, maka jam biologis tubuh akan kesulitan membedakan antara pagi dan malam sehingga berisiko mengacaukan pola tidur.

Menciptakan suasana tenang

International Journal of Environmental Research and Public Health, menyebut bahwa suara gaduh dapat menurunkan kesehatan mental pekerja. Hal ini karena pekerja akan berusaha mempertahankan fokus lebih keras sehingga lebih mudah stres.

Pastikan tata kantor sebisa mungkin lebih tenang dan berjauhan dari pusat kebisingan. Menggunakan peredam suara seperti dinding kaca atau busa peredam suara juga dapat meredam suara bising dari luar.

Hindari tempat terisolasi

Meski membutuhkan tempat sepi, pekerja bukan berarti harus memilih tempat kerja yang terisolasi. Pastikan ruangan kerja tetap memiliki akses yang mudah untuk membaur dan berinteraksi dengan pekerja lain secara langsung.

Journal of Affective Disorders, mengungkap bahwa beinteraksi dengan orang lain secara langsung dapat menurunkan risiko stres dan gangguan kesehatan mental.

Menyediakan tanaman hidup

Jurnal Health and Place mengungkap bahwa lingkungan alam dapat meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup. Menaruh tanaman di sudut ruang kantor atau tanaman kecil di meja kantor dapat membuat pekerja lebih rileks saat bekerja. Selain itu, tanaman ini juga dapat membuat udara menjadi lebih bersih, sejuk dan menyegarkan.

Ruangan kerja dalam kondisi rapi

Memastikan kondisi ruangan kerja teratur dan tidak berantakan merupakan hal vital. Hal ini karena ruang kerja yang berantakan dapat lebih mudah memicu stres dan susah fokus.

Pastikan juga bahwa barang-barang ditata sedemikian rupa di kabinet atau laci agar lebih mudah dicari saat dibutuhkan. Hal ini dapat membebaskan dari drama kesulitan mencari sebuah barang. [fa]

Tags Terkait

-

Artikel Terkait Pilihan ThePhrase

 
Banyak dibaca
Artikel Baru
 

News Topic