lifestyle

Tips Mencegah Kutu Beras Secara Alami!

Penulis Nadira Sekar
Oct 01, 2023
Foto: Ilustrasi Beras (freepik.com photo by jcomp)
Foto: Ilustrasi Beras (freepik.com photo by jcomp)

ThePhrase.id - Beras adalah salah satu bahan pokok yang disimpan oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia. Ketika beras yang disimpan di dapur kita terserang kutu beras, hal ini bisa menjadi masalah yang sangat menyebalkan. 

Biasanya, kutu beras muncul dan tertarik oleh kondisi lingkungan yang lembap dan gelap. Kutu beras sendiri mungkin tidak membahayakan jika tertelan, namun kutu dapat menghisap nutrisi dari butiran beras, yang akhirnya dapat menyebabkan penurunan kualitas serta nilai gizi beras. 

Untungnya, ada banyak cara untuk mengatasi masalah ini. Lalu, bagaimana cara mengatasi kutu beras? 

Simpan dalam Wadah Bersih dan Kering

Setelah membeli beras, persiapkan wadah besar yang bersih dan pastikan wadah tersebut benar-benar kering. Wadah yang kotor dan lembap dapat menjadi daya tarik bagi kutu dan serangga, serta berpotensi menyebabkan pertumbuhan jamur pada beras.

Pastikan Wadah Tertutup Rapat

Setelah memastikan wadah bersih, cara yang sangat efektif untuk mencegah kutu adalah dengan menyimpan beras dalam wadah yang tertutup rapat dan kedap udara. Tujuannya adalah agar kutu atau serangga lainnya tidak dapat masuk ke dalam beras. Selain itu, wadah yang rapat juga memiliki kadar oksigen yang rendah, sehingga kutu akan kesulitan untuk bertahan hidup.

Memanfaatkan Kulkas

Cara lain yang tidak biasa namun efektif adalah dengan menaruh beras di dalam kulkas. Ini bertujuan untuk membunuh telur atau larva yang mungkin ada di dalam beras. Anda dapat menaruh beras di kulkas selama satu minggu segera setelah membelinya. Jika memiliki ruang di freezer, beras juga bisa disimpan di sana. Selain mencegah kutu, ini juga akan menjaga kesegaran beras.

Gunakan Daun Salam dan Bawang Putih

Bumbu dapur seperti daun salam dan bawang putih bisa membantu mencegah kutu. Letakkan daun salam kering dan bawang putih di dalam wadah penyimpanan beras. Aroma khas dari kedua bumbu ini dapat mengusir kutu dan mencegah mereka mencemari beras. 

Jaga Kebersihan Dapur

Selain menjaga kebersihan wadah penyimpanan, perhatikan juga kebersihan dapur atau tempat lain di mana Anda menyimpan beras. Tempat yang kotor dan lembap dapat menjadi tempat tinggal bagi kutu dan serangga lainnya. Rajinlah membersihkan dapur, termasuk mengelap, menyapu, mengepel, dan buang sampah secara rutin. Selain itu, jika ada makanan yang terkontaminasi kutu, seperti tepung, sebaiknya segera buang agar tidak mencemari makanan lainnya.

Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat menjaga beras tetap segar dan terhindar dari serangan kutu secara alami, tanpa harus bergantung pada bahan kimia berbahaya. Selamat mencoba!

[nadira]

 
Related News

Popular News

 

News Topic