regional

Toko Kue Ny. Pang Berjualan Sejak 1912 Dibahas di Novel 'Gadis Kretek'

Penulis Ashila Syifaa
Nov 22, 2023
Toko Kue Ny. Pang legendaris di Muntilan. (Foto: Instagram/nypang71)
Toko Kue Ny. Pang legendaris di Muntilan. (Foto: Instagram/nypang71)

ThePhrase.id - Serial Gadis Kretek yang tayang di Netflix di awal bulan November ini menjadi perbincangan dunia maya karena latar tempat yang digunakan hanya disebutkan dengan inisial ‘Kota M’ yang buat banyak orang penasaran.

Di film maupun novelnya tidak dijelaskan dengan rinci apa itu Kota M hanya beberapa petunjuk seperti letaknya di antara Magelang dan Jogja. 

Dalam novel dengan judul yang sama ‘Gadis Kretek’ disebutkan Wajik Ny. Pang menjadi salah satu ciri khas kota tersebut, hal ini membawa penonton dan pembaca menebak Kota M adalah Muntilan, Jawa Tengah.

Munculnya Toko Kue Ny. Pang di novel Gadis Kretek inilah yang membawa toko tersebut dalam sorotan di dunia maya.

Ternyata Toko Kue Ny. Pang ini telah berjualan selama 111 tahun sejak tahun 1912 yang menyediakan beberapa makanan khas Muntilan seperti jenang dodol, tape ketan, krasikan, wajik, dan masih banyak lagi. 

Sejarah Toko Kue Ny. Pang

Toko Kue Ny  Pang Berjualan Sejak 1912 Dibahas di Novel  Gadis Kretek
Foto: Instagram/nypang71

Bagi masyarakat yang tinggal di Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Toko Kue Ny. Pang merupakan toko kue tradisional yang tak asing bagi mereka. Toko kue tradisional legendaris ini terletak di Jalan Pemuda No.71, Growong, Pucungrejo.

Berdirinya Toko Kue Ny. Pang ini berawal dari berjualan jenang dodol pada tahun 1912 yang diproduksi di rumah kemudian dijual dengan cara keliling dari rumah ke rumah. Setelah banyak yang mulai menyukai dodol tersebut dan semakin berkembang akhirnya Toko Kue Ny. Pang dibuka sekitar tahun 1950-an.

Seiring dengan berkembangnya zaman, Toko Kue Ny. Pang kini aktif di media sosial dan turut membagikan sejarah dan macam-macam kue tradisional yang dijual.

Melalui media sosialnya di Instagram @nypang71 dijelaskan bahwa saat ini yang mengelola toko sudah memasuk generasi ke-6. Hingga saat ini, toko tersebut masih sering menerima pesanan untuk berbagai acara, seperti untuk perayaan Imlek, ulang tahun hingga nikahan.

Nyatanya jauh sebelum serial Gadis Kretek tayang di Netflix, Toko Kue Ny. Pang ini sudah menjadi pilihan toko oleh-oleh dari Muntilan dan menjadi destinasi yang wajib dikunjungi saat pulang kampung. 

Berbagai Macam Kue yang Dijual

Tak hanya kua tradisional khas Muntilan saja yang dijual berbagai macam kue lainnya dapat ditemukan salah satu yang digemari adalah Kue Miku dan Kue Moho khas Ny. Pang.

Kue Miku sekilas mirip dengan bakpao namun kue ini merupakan kue khas peranakan yang berisikan kacang hijau dan biasanya disajikan saat peryaan Imlek. Selain itu, Kue Moho yang juga sering kali menjadi pelengkap sajian Imlek yang mirip dengan kue bolu kukus.

Uniknya lagi, biang kue yang dipakai untuk adonan Kue Moho usianya sudah sekitar 70 tahun. Kue mohonya sudah diproduksi sejak tahun 50an, setiap adonan yang dibuat akan disisakan untuk hari berikutnya yang kemudian dicampurkan dengan bahan lainnya dan didiamkan semalaman. Adonan ini lah yang disebut sebagai biang atau sourdough starter.

Jadi adonan yang sama selalu disisakan untuk hari esoknya dan tidak pernah putus sampai sekarang, 70 tahun kemudian. Adonan dan resep yang dipakai masih sama dan tidak dirubah sama sekali jadi masih mempertahankan rasa tradisionalnya. [Syifaa]

 
Related News

Popular News

 

News Topic