politics

Tolak Kekalahan Ketiga, PAN Dukung Capres yang Berpotensi Menangi Pilpres

Penulis Rangga Bijak Aditya
Aug 04, 2023
Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi. (Foto: Detik)
Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi. (Foto: Detik)

ThePhrase.id - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi menyatakan partainya menolak kekalahan ketiga kalinya pada pemilihan presiden (pilpres). Hal itu menjadi perimbangan untuk menentukan arah politik PAN.

“PAN tidak mau mengalami kekalahan ketiga kalinya,” kata Viva dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (3/8) dikutip Antaranews.

Untuk tak mengulangi kekalahan tersebut, Viva menyebut akan mendukung calon presiden (capres) yang diprediksi bisa memenangi kontestasi pilpres pada 2024 mendatang.

“Calon yang akan didukung PAN adalah calon yang akan diprediksi dapat memenangi pilpres. Meskipun prediksi dari lembaga survei hasilnya bervariasi, namun PAN juga memotret realitas sosial tentang preferensi pemilih di pilpres,” tukas Viva.

Hal lain yang menjadi pertimbangan ialah PAN akan berkoalisi dengan partai pendukung pemerintah. Oleh karena itu, Viva berkata pihaknya ingin melanjutkan program pembangunan nasional.

Viva juga membahas kedekatan antara partainya dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, yang mana kedua partai itu sebelumnya pernah berkoalisi pada Pilpres 2014 dan 2019.

“Bagi PAN, Pak Prabowo dan Gerindra dekat dengan PAN. Pernah berkoalisi dua kali di Pilpres 2014 dan 2019. Namun, dua kali tidak berhasil,” jelasnya.

Meski membeberkan kedekatannya dengan Prabowo, Waketum PAN itu belum menyebut nama capres dan cawapres yang akan didukung PAN, melainkan keputusan tersebut akan disampaikan oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

“Nanti pada waktu yang tepat, Bang Zulkifli Hasan akan mengumumkan secara resmi,” tandasnya.

Umumkan Dukungan Capres-Cawapres pada Agustus

Tolak Kekalahan Ketiga  PAN Dukung Capres yang Berpotensi Menangi Pilpres
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. (Foto: Instagram/zul.hasan)

Sebelumnya pada Kamis (27/7) Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan akan segera menentukan sikap partainya dalam menentukan dukungannya terhadap capres dan menawarkan cawapres pada bulan Agustus.

“Nah kepada siapa, kita lihat momentum waktunya mudah-mudahan bulan depan (Agustus),” ucap Zulhas, sapaan akrab Zulkifli Hasan usai hadiri konsolidasi tertutup DPW PAN Sulsel di Hotel Claro, Makassar.

Tiga kandidat cawapres yang akan diusung PAN, disebutkan ada Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. (Rangga)

Tags Terkait

 
Related News

Popular News

 

News Topic