politics

Tom Lembong: Gabung Timnas AMIN, "Give Back" untuk Bangsa

Penulis Rangga Bijak Aditya
Jan 22, 2024
Co-Captain Timnas AMIN Tom Lembong. (Foto: Instagram/tomlembong)
Co-Captain Timnas AMIN Tom Lembong. (Foto: Instagram/tomlembong)

ThePhrase.id - Thomas Trikasih Lembong, pria yang akrab dengan panggilan Tom Lembong tengah menjadi perbincangan setelah namanya disinggung oleh calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dalam debat keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu (21/1).

Nama Tom Lembong disebut karena politikus dan ekonom kelahiran 4 Maret 1971 itu menjadi tim sukses Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) yang memberikan catatan sebagai contekan untuk cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar.

Hal tersebut membuat nama Tom Lembong mengemuka dan menjadi sosok yang sangat dicari publik (most wanted person) saat ini.

Thomas Lembong saat ini mengemban tugas sebagai Co-Captain Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN). Ia mengaku sudah mengenal Anies lebih dari 18 tahun lalu, bahkan ketika masih sama-sama mendukung Joko Widodo.

Ia memiliki rekam jejak pada tahun 2013 sebagai tim ahli, penasihat ekonomi, dan penulis pidato Gubernur DKI Jakarta saat itu, Joko Widodo, yang juga seorang ayah dari Gibran Rakabuming Raka. Tugas tersebut kemudian berlanjut hingga Jokowi menjabat Presiden Republik Indonesia sepanjang masa jabatannya yang pertama.

Tom Lembong merupakan sosok di balik layar yang menuliskan pidato-pidato ikonik Presiden Jokowi, seperti pidato “Game of Thrones” pada pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali, dan pidato “Thanos” di Forum Ekonomi Dunia pada tahun 2018. 

Tom Lembong  Gabung Timnas AMIN   Give Back  untuk Bangsa
Co-Captain Timnas AMIN Tom Lembong. (Foto: Instagram/tomlembong)

Dalam pidato Thanos, Jokowi mengatakan bahwa kondisi perekonomian di dunia mengarah pada Infinity War (perang tanpa batas). Thanos merupakan sosok yang ingin memusnahkan setengah populasi di dunia. Tujuannya agar separuh populasi yang bertahan bisa menikmati sumber daya per kapita sebanyak dua kali lipat. Dengan gagah, Jokowi menegaskan, ia dan rekan Avengers-nya siap menghalangi niat jahat Thanos.

Tom Lembong menegaskan bahwa dirinya memang penulis naskah pidato Jokowi selama 7 tahun, baik ketika menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta maupun Presiden RI ke-7. 

"Ya saya sangat apresiasi ucapan Mas Gibran berkali-kali sebut nama saya, tentunya selama 7 tahun saya membuat contekan dan menulis pidato dan materi bicara bagi ayahnya, Pak Presiden dan saya bisa mendeteksi sebuah rasa rindu," kata Tom dalam Program Your Money Your Vote CNBC Indonesia edisi Debat Cawapres 2024.

Tom Lembong juga pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan pada 2015-2016, serta Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal pada 2016-2019.

Kemudian ia menjabat sebagai penasihat Internasional Institut Kajian Strategis (IISS) di London dan International Plastic Omnium di Prancis.

Tom mulai berpihak kepada Anies ketika tahun 2021, Anies Baswedan yang saat itu tengah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, menunjuk dirinya sebagai Komisaris Utama PT Jaya Ancol.

Ketika tampil dalam wawancara Podcast Rhenald Kasali, Tom mengatakan bahwa bergabung dengan Timnas AMIN untuk memenangkan Anies-Muhaimin sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI di Pilpres 2024, menjadi investasi paling menarik yang pernah dibuat selama karirnya sebagai investment banker.

Pernyataan menarik yang disampaikan bahwa meskipun menentukan untuk mendukung politik mengandung risiko, menurutnya keputusan tersebut menjadi give back terhadap negara, karena sudah merasa cukup dengan rezeki yang ia punya. (Rangga)

Tags Terkait

 
Related News

Popular News

 

News Topic