sport

Tragis! Senasib dengan Vietnam, Malaysia Tersingkir dari Piala Asia 2023

Penulis Rangga Bijak Aditya
Jan 21, 2024
Timnas Malaysia tersingkir dari Piala Asia 2023. (Foto: AFC)
Timnas Malaysia tersingkir dari Piala Asia 2023. (Foto: AFC)

Thephrase.id - Timnas Malaysia bernasib tragis di Piala Asia 2023 di Qatar. Harimau Malaya harus menerima kenyataan pahit tersingkir dari turnamen empat tahunan tersebut.

Kekalahan 0-1 dari Timnas Bahrain dalam matchday kedua Grup E pada Sabtu, 20 Januari 2024 di Jassim bin Hamad Stadium, Al Rayyan membuat Timnas Malaysia gagal lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Timnas Malaysia terbenam di dasar klasemen Grup E dengan nol poin dari dua pertandingan. Harimau Malaya sudah tidak mungkin lagi menjadi juara, runner-up grup, atau salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik.

Sebelum dibekuk Timnas Bahrain, Timnas Malaysia lebih dulu dibantai Timnas Yordania. Harimau Malaya dihajar empat gol tanpa balas pada 15 Januari 2024.

Timnas Malaysia menjadi negara kedua yang terdepak dari Piala Asia 2023. Harimau Malaya menyusul sesama wakil Asia Tenggara (ASEAN), Timnas Vietnam yang dipulangkan oleh Timnas Indonesia.

"Tidak ada yang salah. Ini adalah level kita saat ini," beber pelatih Timnas Malaysia, Kim Pan-gon yang frustrasi disadur dari New Straits Times.

Tragis  Senasib dengan Vietnam  Malaysia Tersingkir dari Piala Asia 2023
Suporter Timnas Malaysia di Piala Asia 2023. (Foto: Istimewa)

"Mungkinkah saya pelatih yang salah? Saya menaruh banyak ekspektasi dan memberikan terlalu banyak harapan kepada masyarakat dan pemain," lanjutnya.

"Tapi, ini masalah saya dan bukan masalah para pemain Timnas Malaysia, Federasi Sepak Bola Malaysia, atau publik. Ini semua masalah saya," sambung peracik strategi berkebangsaan Korea Selatan ini.

Timnas Malaysia terpeleset di pengujung pertandingan yang berujung hukuman berat. Timnas Bahrain mencetak gol pada menit ke-90+6 melalui Ali Madan.

"Kami gagal mengontrol dan mendominasi. Kami seharusnya bermain imbang tetapi kurang beruntung," ucap Kim Pan-gon.

"Yang kami cari adalah pendekatan yang lebih dalam, dan di sinilah kami perlu mengambil langkah demi langkah," tutup mantan pelatih Timnas Hong Kong ini. (Rangga)

Tags Terkait

 
Related News

Popular News

 

News Topic