ThePhrase.id – Menutup tahun 2024, platform e-commerce Shopee, mencatatkan peningkatan penjualan hingga 200 persen dari brand lokal dan UMKM. Dengan hasil positif ini, Shopee berkomitmen untuk terus berinovasi memberikan pengalaman belanja yang nyaman bagi konsumen, sekaligus membuka peluang bagi para kreator dan pelaku UMKM untuk berkembang.
Shopee juga menghadirkan beberapa program unggulan untuk mendukung pencapaian di atas, seperti Garansi Tepat Waktu, program afiliasi bersama YouTube Shopping, serta kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal yang mempermudah sertifikasi halal bagi UMKM.
Tak hanya itu, Shopee juga membuka peluang ekspor ke kawasan Asia Timur, Asia Tenggara, dan Amerika Latin yang dapat memperluas jangkauan produk lokal.
"Inovasi menjadi kunci untuk tetap relevan, menjaga kepercayaan, dan terus tumbuh. Pihaknya berusaha melahirkan berbagai inovasi baru, mulai dari program, fitur, hingga inisiatif yang mendukung ekosistem kami agar bisa menciptakan dampak positif bersama," kata Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Christin Djuarto melansir Kontan, Senin (23/12).
Melalui program Ekspor Shopee dan kanal Shopee Pilih Lokal, produk lokal yang diekspor ke Asia Tenggara, Asia Timur, dan Amerika Latin meningkat hampir 50% pada tahun 2024 dibandingkan tahun lalu.
Tak hanya itu, penjualan produk lokal di kanal Shopee Pilih Lokal tercatat melonjak lebih dari 200% dibandingkan tahun sebelumnya. Program-program ini mendukung pemerataan pertumbuhan usaha lokal secara berkelanjutan, dengan UMKM dari berbagai daerah.
Melalui program Garansi Tepat Waktu, Shopee juga memastikan agar pengiriman tepat waktu dengan dukungan mitra logistik seperti Anteraja, JNE, Pos Indonesia, dan SiCepat. Pembeli akan mendapatkan voucher pengganti apabila pengiriman melebihi waktu yang dijanjikan.
Terbaru, Shopee mengeluarkan fitur Rangkuman Penilaian berbasis kecerdasan buatan (AI) untuk memudahkan pembeli membaca ulasan produk dengan lebih efisien.
Ada juga fitur interaktif Shopee Live yang berhasil mencatatkan total tontonan hingga 735 juta jam sepanjang tahun 2024, menunjukkan tinggnya minat pembeli terhadap konten interaktif yang tidak hanya menghibur tetapi juga mempermudah transaksi.
Kreator yang memanfaatkan Shopee Live tercatat meningkat 50% dibanding tahun 2023, dengan lebih dari 1 miliar produk UMKM terjual melalui platform ini.
Gaya hidup islami juga tidak ketinggalan dihadirkan Shopee melalui fitur Al-Quran dan Kiblat pada kanal Shopee Barokah yang telah digunakan lebih dari 25 juta kali hingga akhir tahun 2024. [fa]