Uji Coba Tol Semarang-Demak II Hadirkan Pemandangan Unik

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Tol Semarang-Demak II dibuka untuk uji coba sebagai jalur alternatif untuk mengurangi macet di jalan konvesional Pantura. Jalur tersebut suda mulai dapat dilintasi oleh masyarakat sejak Sabtu (12/11/2022), selain menghindari macet warga juga dapat melihat pemandangan yang unik.

Jalan tol Semarang-Demak II (Sayung-Kadilangu, Demak) ini dibuka secara terjadwal mulai dari pukul 06.00-10.00 WIB jalur dibuka dari arah Demak menuju Semarang, melalui exit Tol Kadilangu. Sedangkan pada pukul 15.00-18.00 WIB, jalur dibuka dari arah Semarang ke Demak via exit Tol Sayung.

Uji coba Tol Semarang-Demak. (Foto: jatengprov.go.id)

Jalan elevated freeway tersebut memangkas waktu tempuh dan memiliki pemandangan yang memikat mata sehingga tidak bosan saat sedang menyetir. Pengendara dapat melihat pemandangan rawa-rawa serta lahan pertanian. Warga sekitar yang keseharian harus mobilisasi melewati pantura menyambut dengan antusias atas uji coba ini.

Pada uji coba hari Minggu (13/11/2022) jalan tol tersebut terlihat lalu lalang kendaraan berjalan dengan lancar tanpa ada penumpukan. Terlihat juga yang melintasi elevated freeway sebagian besar berasal dari eks keresidenan Semarang dan Pati yang dapat dilihat dari plat nomor H maupun K yang banyak melintas.

Pemandangan lahan pertanian. (Foto: jatengprov.go.id)

Dikutip dari portal resmi Provinsi Jawa Tengah, Masrukin salah satu pengguna jalan tersebut menyatakan bahwa alternatif jalan itu menghemat waktu tempuh karena biasanya ia terjebak macet di jalur pantura akibat perbaikan jembatan Wonokerto.

“Kalau biasanya di pantura itu macetnya lebih dari satu jam. Tadi dari Kudus jam 06.00 sampai sini (Exit Tol Sayung) sekitar setengah tujuh. Kalau tidak pakai jalur ini, mungkin sampai sini jam delapan pagi.  Pemandangannya lumayan bagus, kita bisa lihat pemandangan sawah di kanan kiri,” jelasnya, Minggu (13/11/2022).

Selain itu, supir layanan travel Pati-Semarang ini merasakan manfaatnya Jalan Tol Semarang-Demak dalam mempermudah pekerjaannya. Ia menjelaskan bahwa di jam-jam tersebut pantura macet dan harus mencari jalan tikus.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dilansir dari Antara menjelaskan bahwa Jalan Tol Semarang-Demak Seksi II dibuka untuk umum pada 18 November 2022. [Syifaa]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you