sportTimnas Indonesia

Ulasan Babak 16 Besar Piala Dunia U-17 2023, Siapa Lebih Diunggulkan?

Penulis Ahmad Haidir
Nov 20, 2023
Bracket dari babak gugur Piala Dunia U-17 2023 yang awal pekan ini memasuki 16 besar (Gambar: FIFA)
Bracket dari babak gugur Piala Dunia U-17 2023 yang awal pekan ini memasuki 16 besar (Gambar: FIFA)

Thephrase.id - Piala Dunia U-17 2023 memasuki babak 16 besar. Fase gugur ini dimulai pada Senin (20/11/2023) dan berakhir pada Rabu mendatang.


Tuan rumah Indonesia tidak mampu melenggang ke babak perdelapan final ini. Skuad Merah Putih tersingkir di penyisihan Grup A, karena hanya mampu mengoleksi 2 poin dari tiga pertandingan.


Meski begitu Piala Dunia U-17 tetap menjanjikan banyak pertandingan bermutu. Itu karena terdapat negara-negara dengan sarat tradisi di kejuaraan dunia yang berhasil melaju ke 16 besar.


Sebanyak delapan pertandingan akan tersaji. Pertandingan diselenggarakan di Stadion GBT Surabaya, Stadion Manahan Surakarta, Stadion Si Jalak Harupat Kab. Bandung, hingga Stadion JIS Jakarta.


Berikut ulasan delapan pertandingan tersebut,

Ekuador vs Brasil (Juara A vs Runner-up B)
(Stadion: Manahan, Waktu: Senin, 20 November 2023, Kick-off: 15.30 WIB)


Ini merupakan pertemuan antartim dari Amerika Selatan. Bahkan kedua negara ini merupakan jagoan di Copa America U-17 2023, saat Brasil tampil sebagai juara dan Ekuador menjadi runner-up.


Status itu membawa mereka ke Indonesia. Bersama Argentina dan Venezuela. Jatah Amerika Selatan ke Piala Dunia U-17 memang ada empat tim.


Di kualifikasi putaran final Copa America U-17 2023, Ekuador dan Brasil ketika bertemu mencatat hasil imbang. Pertandingan pada 17 April 2023 itu berakhir dengan skor 2-2.


Nah, babak 16 besar di Surakarta nanti bakal jadi penahbisan siapa yang terbaik di antara mereka. Kita tunggu saja.

Spanyol vs Jepang (Juara B vs Peringkat Ketiga D)
(Stadion: Manahan, Waktu: Senin, 20 November 2023, Kick-off: 19.00 WIB)


Di atas kerta Spanyol tentu lebih diunggulan. Mereka lolos sebagai juara Grup B. Sebaliknya Jepang lolos sebagai satu di antara empat peringkat ketiga terbaik.


Ini merupakan pertemuan antara wakil Eropa dan Asia. Spanyol tentu lebih dijagokan, tetapi Jepang tidak bisa dianggap remeh.


Pertandingan nanti akan dipimpin wasit asal Konfederasi Afrika, yaitu Pierre Ghislain Atcho, yang berasal dari Gabon. Pastinya laga nanti menjanjikan persaingan yang menarik.


Jerman vs Amerika Serikat (Juara F vs Runner-up E)
(Stadion: Si Jalak Harupat, Waktu: Selasa, 21 November 2023, Kick-off: 15.00 WIB)


Hujan menjadi faktor yang harus diwaspadai. Sudah dua kali pertandingan di Si Jalak Harupat sempat dihentikan wasit karena cuaca, hujan deras disertai petir.


Skuad Jerman dan Amerika Serikat bisa saja kesulitan mengembangkan permainan masing-masing. Namun mereka pastinya sudah melakukan antisipasi.


Jerman memang lebih diunggulkan, karena mereka memiliki rekam jejak mentereng di persepakbolaan usia muda. Hanya, Amerika Serikat pun telah memiliki antisipasi.


Mali vs Meksiko (Runner-up B vs Runner-up F)
(Stadion: GBT, Waktu: Selasa, 21 November 2023, Kick-off: 15.30 WIB)


Mali dan Meksiko sama-sama lolos ke 16 besar sebagai peringkat kedua. Ini menyiratkan kekuatan kedua tim relatif seimbang.


Namun apapun hitungan di atas kertas, hasil pertandingan akan ditentukan banyak komponenen. Termasuk keberuntungan dan lain sebagainya.


Ketatnya permainan di lini tengah bisa jadi mewarnai pertandingan. Sebab, kedua tim sama-sama dikenal liat dalam permainan di lapangan tengah.


Argentina vs Venezuela (Juara D vs Peringkat Ketiga F)
(Stadion: Si Jalak Harupat, Waktu: Selasa, 21 November 2023, Kick-off: 19.00 WIB)


Lagi-lagi ini adalah perjumpaan antartim dari Konfederasi Amerika Selatan. Argentina yang sempat syok karena kalah dari Senegal di ternyata mampu tampil sebagai juara Grup D.


Sedangkan Venezuela laolos ke babak 16 besar sebagai satu di antara empat peringkat ketiga terbaik. Venezuela menempati peringkat ketiga Grup F dengan koleksi 4 poin.


Sebagai sesama tim dari Amerika Selatan, tentu saja kedua negara sudah saling mengenal. Di Copa America U-17 2023 lalu Argentina mengalahkan Venezuela dengan skor 2-1.


Maroko vs Iran (Juara A vs Peringkat Ketiga C)
(Stadion: GBT, Waktu: Selasa, 21 November 2023, Kick-off: 19.00 WIB)


Maroko menamatkan riwayat Indonesia di Piala Dunia U-17 2023. Maka tampilah Maroko sebagai juara Grup A.


Status itu membawa Maroko menghadapi salah satu dari peringkat ketiga terbaik, yaitu Iran. Tim Melli itu lolos dari Grup C, yang dihuni Inggris dan Brasil.


Pertandingan ini merupakan perjumpaan wakil dari Afrika dan Asia. Meski kultur sepak bola kedua negara terbilang, karena Maroko masih dekat dengan Asia.


Inggris vs Uzbekistan (Juara A vs Peringkat Ketiga B)
(Stadion: JIS, Waktu: Rabu, 22 November 2023, Kick-off: 15.00 WIB)


Inggris begitu perkasa di babak penyisihan grup. Inggris dalam pertandingan di Grup C mampu menyapu tiga laga dengan kemenangan.


Sebaliknya Uzbekistan adalah satu di antara empat peringkat ketiga terbaik. Uzbekistan lolos dari Grup B dengan koleksi 4 poin.


Jelang pertemuan nanti Inggris lebih diunggulkan memenangi pertandingan. Namun Uzbekistan sebagai salah satu tim raksasa di Asia siap memberi kejutan.


Prancis vs Senegal (Juara E vs Runner-up B)
(Stadion: JIS, Waktu: Rabu, 22 November 2023, Kick-off: 15.00 WIB)


Prancis merupakan salah satu favorit sejak awal penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023. Nilai sempurna mampu didapatkan, yaitu 9 poin.


Maka dalam pertandingan nanti Prancis lebih diunggulkan dibandingkan Senegal. Namun Senegal bisa jadi menghadirkan kejutan dalam pertandingan mendatang.

 
Related News
Popular News
 

News Topic