e-biz

Usung Gaya Hidup Muslim Muda, Halal Kulture Market Digelar di ICE BSD

Penulis Firda Ayu
Oct 24, 2025
(Foto: dok. ThePhrase.id)
(Foto: dok. ThePhrase.id)

ThePhrase.id – Mumtaz Creative kembali menghadirkan Halal Kulture Market (HaKa) di Hall 3A ICE BSD Tangerang, 24–26 Oktober 2025. Tahun ini, HaKa hadir lebih interaktif, kolaboratif, dan relevan dengan gaya hidup muslim muda masa kini.

Tak hanya sekadar pameran, HaKa telah berevolusi menjadi communal hub, ruang tempat komunitas dan individu bertemu, belajar, dan tumbuh bersama dalam semangat “Halal, Meaningful, and Fun.” Sejak pertama kali digelar pada 2024 secara paralel di Jakarta dan Tangerang, HaKa menghadirkan aktivitas seru akhir pekan bagi keluarga dan komunitas muslim.

“Kami percaya banyak komunitas dengan misi positif yang sejalan dengan nilai-nilai Islam, tapi belum memiliki ruang ekspresi yang luas. Halal Kulture hadir sebagai wadah yang mempertemukan mereka dalam suasana yang kreatif, produktif, dan membawa positive vibes. Kami ingin HaKa menjadi tempat yang nyaman dan inspiring bagi siapa pun yang ingin bertumbuh bersama dalam semangat halal,” jelas CEO Mumtaz Creative, Agung Paramata di ICE BSD (24/10).

Agung juga menyoroti besarnya potensi pasar halal di kalangan generasi muda yang terus berkembang. Dengan komposisi milenial dan Gen Z yang mencapai 53,8% dari total penduduk Indonesia, ruang komunal diperlukan agar segmen ini dapat berperan aktif dalam memperkuat ekosistem halal nasional.

Tak hanya menjadi konsumen cerdas di sektor fesyen, kosmetik, dan kuliner halal, generasi muda ini juga menjadi penggerak tren serta pelaku usaha kreatif di sektor digital yang dapat mengoptimalkan tren halal global.

Untuk memperkuat community experience, HaKa 2025 hadir lebih inklusif dengan berbagai tema, mulai dari kewirausahaan, pengembangan skill, hobi, hingga fiqih muamalah kontemporer. 

Selain itu, HaKa juga menjalin kerja sama dengan Canva Indonesia melalui program Canvassador Creative Hub, sebagai salah satu sorotan yang diharapkan mampu membangkitkan semangat kewirausahaan kreatif di kalangan peserta.

Untuk mewadahi beragam minat tersebut, HaKa 2025 menghadirkan serangkaian aktivitas edukatif dan interaktif, seperti: 

  • Corporate Strategy & Deal Structuring for UMKM bersama Emil Reven (CEO Office Corporate Strategy Paragon Group).
  • Bootcamp Crypto Syariah.
  • Program Konsultasi Bisnis Syariah Bersama Halla.
  • Faedah Talk.
  • Creative Workshop bersama Canva Indonesia.
  • Muslim Calisthenics.
  • Saturday Morning Ride (Satmori).
  • Talkshow Peluang Kemitraan MFlash Store.

Selain berbagai aktivitas menarik, HaKa juga menjadi ajang family time bersama anak-anak. Ada sesi edukatif bersama Kang Agung Tyo, Kak Erlan, dan Kak Yogi yang menyuguhkan kegiatan santai namun edukatif bagi anak-anak dan orang tua.

“Semua kegiatan dikemas interaktif dan aplikatif, dirancang agar pengunjung bisa langsung take action untuk hidup lebih produktif dan bermakna,” ujar Agung.

Kolaborasi Komunitas dan Brand Halal

Bukan sekadar wadah interaksi, HaKa juga menjadi etalase bagi brand-brand halal multiproduk dan komunitas muslim lintas hobi, semuanya hadir di satu tempat.

Untuk fashion muslimah, HaKa menghadirkan berbagai brand ternama seperti Yarka Indonesia, Lassofya, Sofniprive, hingga Lozy dan Sahaza Socks. Sementara untuk fashion pria, hadir Fadkhera, Muslim Madani, Samase, Beard Indonesia, dan Muslim Biker Indonesia (MBI).

Di area lifestyle, Sinsen Cleaner menawarkan layanan gratis cuci sepatu. Ada juga berbagai travel umrah dan haji seperti Nasrotull Ummah, Al Fajr, Wafdullah, dan Thawafi Tour memberikan promo menarik hingga potongan USD 2000.

Bagi keluarga, tersedia booth pesantren seperti PP Al Andalus, Annawawi Tegal, dan Ponpes Imam Syafi’i Tulungagung. Pencinta kuliner juga dapat menikmati hidangan khas Timur Tengah dari Kuali Umee, Ar Rafah, serta madu murni Rawney Bees dan Suhayi.

Yang tak kalah menarik, dengan membeli satu tiket terusan seharga Rp35 ribu (Jumat) dan Rp50 ribu (Sabtu-Minggu). Satu tiket ini dapat digunakan untuk mengakses lima event sekaligus: Halal Kulture Market, Floii Expo, HomeDec, Indocomtech, dan Indonesia Golf Festival. [fa]

Tags Terkait

-

Artikel Pilihan ThePhrase

- Advertisement -
 
Banyak dibaca
Artikel Baru
 

News Topic