Vin Diesel, Aktor ‘Garang’ Pemeran Dominic Toretto dalam Fast X

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Penggemar film serial The Fast and the Furious pasti sudah tidak asing lagi dengan karakter Dominic Toretto yang diperankan Vin Diesel. Siapakah Vin Diesel yang berhasil menjadi pemeran utama salah satu serial film terpanjang dengan pemain yang sama ini?

Mark Sinclair atau biasa dikenal dengan nama Vin Diesel merupakan aktor dan produser film Amerika yang lahir di California, Amerika Serikat pada 18 Juni 1967.

Pria berusia 55 tahun ini memulai debut di dunia hiburan di usia tujuh tahun melalui drama anak bertajuk Dinosaur Door yang ditulis oleh Barbara Gabson. Keterlibatannya dalam drama anak adalah saat ia dan teman-temannya berencana untuk melakukan vandalisme di Theater for the New City.

Vin Diesel sebagai Dominic Toretto (Foto: Youtube/The Fast Saga)

Alih-alih dilaporkan ke polisi, Vin yang masih belia justru diberi tawaran untuk terlibat sebagai aktor. Hal ini membuatnya terlibat dalam dunia teater selama remaja hingga ia berkuliah di Hunter College pada jurusan creative writing yang membawanya untuk mulai menjadi screenwriter.

Vin Diesel dipilih sebagai nama panggung saat ia mulai bekerja di sebuah tempat hiburan malam di New York. Ia ingin namanya terdengar lebih garang sehingga mengambil nama belakang ibunya, Vincent, dan nama belakang Diesel ia dapat dari teman-temannya karena ia selalu terlihat energik.

Ia sempat mendapat peran kecil dalam film Awakenings di tahun 1990, namun ia kesusahan untuk mendapatkan tawaran peran selama bertahun-tahun. Ia kemudian memutuskan untuk membuat film pendek untuk mendapat dana bagi debut filmnya.

Pada tahun 1994, Vin mulai menulis, menyutradarai, memproduksi dan membintangi film pendek buatannya berjudul Multi-Facial. Film pendek ini merupakan semi-autobiographical film dari kehidupannya sebagai aktor multiras yang kesusahan mendapat peran dalam dunia film.

Film pendek pertamanya ini sukses terpilih untuk ditayangkan dalam Cannes Festival pada tahun 1995 hingga ia berhasil mengantongi dana untuk membuat film panjang pertamanya, Strays. Film ini juga ditulis, disutradarai, dan diproduksi sendiri olehnya hingga terpilih untuk masuk dalam kompetisi di Festival Sundance 1997.

Vin Diesel (Foto: instagram.com/vindiesel)

Vin mendapatkan peran film Hollywood besar pertamanya sebagai tentara dalam film Saving Private Ryan (1998) yang berhasil meraih Oscar. Ia bahkan memenangkan penghargaan Best Cast dari Online Film Critics Society Award.

Vin Diesel juga mendapat kesempatan menjadi pengisi suara karakter utama dalam film animasi The Iron Giant (1999).

Ia terpilih memerankan karakter Richard B. Riddick, tokoh utama dalam film fiksi ilmiah berjudul Pitch Black (2000). Vin juga kembali memerankan karakter Riddick pada beberapa film lanjutan yaitu The Chronicles of Riddick (2004), The Chronicles of Riddick: Dark Fury (2004), dan Riddick (2013). 

Tahun 2001 menjadi awal kesuksesan Vin Diesel saat ia tergabung dalam serial film The Fast and the Furious sebagai Dominic Toretto. Film pertama ini sukses di pasaran dan meraih pendapatan box office sebanyak 207,3 juta Dollar AS.

Vin Diesel juga berhasil membawa pulang penghargaan Best On-Screen Team dari MTV Movie Award dari film ini. Meski tidak tergabung dalam film kedua dan tiga The Fast and the Furious, ia mulai menjadi cameo dalam The Fast and the Furious: Tokyo Drift (2006), film keempat serial The Fast and the Furious.

Ia resmi kembali bergabung dalam serial film ini dan berperan sebagai Dominic Toretto pada film kelima yaitu Fast Five (2011). Vin rutin berperan pada film-film selanjutnya yaitu Fast & Furious 6 (2013), Furious 7 (2015), The Fate of the Furious (2017), dan F9 (2021).

Selain aktingnya sebagai Dominic Toretto yang sukses besar, Vin Diesel juga membintangi beberapa film terkenal lain seperti Find Me Guilty (2006), XXX: Return of Xander Cage (2017), dan Bloodshot (2020).

Vin Diesel sebagai Dominic Toretto (Foto: Youtube/The Fast Saga)

Tak hanya berakting, Vin Diesel juga dikenal sebagai pengisi suara khas dari karakter Groot dalam film superhero Guardians of the Galaxy (2014). Karakter Groot ini muncul pada beberapa film Marvel ternama seperti Avengers: Infinity War (2018), Ralph Breaks the Internet (2018), Avengers: Endgame (2019), dan Thor: Love and Thunder (2022).

Kini penggemar dapat kembali menyaksikan aksi menegangkan Vin Diesel sebagai Dominic Toretto dalam film kesepuluh dari serial The Fast and the Furious yaitu Fast X yang telah tayang pada 17 Mei 2023. [fa]

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you