regional

Wakatobi Wave 2023, Event Kebudayaan Bertajuk Pasi Kamba

Penulis Ashila Syifaa
Oct 18, 2023
Foto: Instagram/wakatobiwave
Foto: Instagram/wakatobiwave

ThePhrase.id - Acara tahunan Wakatobi Wonderful Festival and Expo atau Wakatobi Wave akan digelar selama lima hari dari 26-30 Oktober 2023. Acara yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) tersebut mengusung tema “Wakatobi Wave Bertabur Pesona Wakatobi Sentosa”. 

Gelaran ini dilaksanakan untuk menampilkan keunikan, keluhuran, dan kekayaan budaya Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Juga menjadi wadah bagi peserta dan pengunjung untuk menuangkan kreativitas dan ekspresi sekaligus mengangkat pariwisata dan ekonomi kreatif daerah tersebut.

Melalui Instagram @wakatobiwave, acara tersebut juga memperkenalkan tema intinya yaitu Pasi Kamba yang memiliki makna menemukan keberuntungan. 

Tema tersebut diangkat dari kekayaan alam Wakatobi yang menarik bangsa Eropa pada abad ke-16 saat mengarungi samudera untuk menemukan kepulauan rempah. Hal tersebut dikatakan menjadi navigasi keberuntungan dari Wakatobi.

Pasi sendiri memiliki arti karang atau atol, sedangkan kamba berarti bunga yang menjadi bagian Wakatobi yang juga memiliki makna berharmoni dalam kesentosaan. 

Wakatobi Wave menjadi ajang untuk mengapresiasi kekayaan dan kebudayaan yang dimiliki oleh Wakatobi. Menurut kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kabupaten Wakatobi, Nadar tidak hanya menjadi event masyarakat Wakatobi tetapi juga menjadi acara yang dapat dinikmati oleh masyarakat Sulawesi Tenggara bahkan Indonesia.

Dalam event tersebut terdapat kolaborasi dari berbagai pihak seperti Bank Indonesia (BI), pemerintah provinsi, dan tentunya Kementerian Pariwisata. 

Acara yang telah ditunggu-tunggu oleh masyarakat ini tentunya akan diramaikan oleh Expo UMKM, ekonomi kreatif dan ekonomi digital pagelaran hingga Lomba Seni Budaya. Tak hanya itu, terdapat juga lomba Underwater Photography Competition dengan total hadiah Rp46 juta yang menantang peserta untuk mengambil foto keindahaan dan keanekaragaman biota laut Wakatobi.

Salah satu penampilan seni yang ditunggu-tunggu adalah penampilan tari kolosal yang selalu hadir dalam acara ini setiap tahunnya. 

Wakatobi Wave 2023  Event Kebudayaan Bertajuk Pasi Kamba
Atraksi wisata dolphin watching di Pulau Kapota. (Foto: indonesia.travel)

Nadar juga mengungkapkan bahwa dengan adanya event Wakatobi Wave ini dapat membawa manfaat secara ekonomi, kebudayaan dan manfaat dari sisi promosi atau pemasaran pariwisata Wakatobi.

Selain mengikuti event ini, pengunjung juga dapat menikmati beberapa destinasi wisatanya, seperti Taman Nasional Wakatobi yang telah ditetapkan sebagai cagar biosfer dunia oleh UNESCO. Hal ini karena, taman tersebut memiliki 750 dari total 850 spesies terumbu karang di dunia.

Keindahan kepulauan dan lautnya juga tak boleh dilupakan, pengunjung dapat menikmati dolphin watching untuk melihat formasi kawanan lumba-lumba. Setiap harinya antara pukul 6 hingga 7.30 pagi waktu setempat kawanan lumba-lumba dapat terlihat berenang di lautan lepas. [Syifaa

Tags Terkait

 
Related News
Popular News
 

News Topic