lifestyle

Walkot Farm 4.0, Taman Kota yang Ramah Anak

Penulis Nadira Sekar
Aug 06, 2023
Foto: barat.jakarta.go.id
Foto: barat.jakarta.go.id

ThePhrase.id - Jika kamu sedang mencari destinasi wisata akhir pekan di Jakarta yang bukan mal, Walkot Farm 4.0 yang berada di wilayah Jakarta Barat mungkin bisa menjadi pilihan. 

Taman kota ini dicanangkan oleh Wali Kota Jakarta Barat, H. Rustam Effendi pada Desember 2019 yang kemudian diresmikan pada 13 Maret 2020. Rustam menyebutkan bahwa Walkot Farm 4.0 didesain untuk meningkatkan kenyamanan masyarakat, pegawai dan semua pihak yang berkunjung ke kantor Walikota Jakarta Barat.

Walkot Farm 4.0 hadir di area lahan seluas 3.125 m2 dengan konsep pertanian perkotaan atau urban farming. Konsep tersebut sebenarnya diadopsi dari program percontohan yang dikenal dengan sebutan Balkot Farm, yang berlokasi di Gedung Balaikota DKI Jakarta. Namun, Walikota Jakarta Barat memiliki tujuan lebih daripada sekadar urban farming untuk area kantornya, ia berharap program urban farming tersebut juga memberikan manfaat lain.

“Awalnya tempat ini hanya taman dan penghijauan, hijaunya dapat, tamannya juga dapat. Kemudian ada ide bagaimana kalau taman ini kita lebih perluas lagi fungsinya, maka tercetuslah konsepnya Walkot Farm 4.0,” ujar Rustam Effendi pada peresmian Walkot Farm 4.0 pada tahun 2020 lalu. 

Walkot Farm 4 0  Taman Kota yang Ramah Anak
Foto: barat.jakarta.go.id

Bukan hanya pohon dan tanaman, fasilitas yang dapat ditemukan di taman ini mencakup zona permainan anak yang meliputi ayunan, jungkat jungkit dan perosotan, fasilitas toilet, kolam ikan, area untuk tanaman hidroponik, zona refleksi batu, little free library, dan ruang interaksi.

Payung-payung berwarna cerah yang tergantung di atas menciptakan daya tarik tambahan, terutama bagi para penggemar fotografi. Jembatan kayu yang berada di taman ini juga sangat menarik dan bisa dijadikan latar belakang foto atau hanya untuk menikmati suasana.

Jika menginginkan waktu santai bersama keluarga, terdapat sembilan gazebo atau pendopo yang disediakan di area ini. Salah satunya adalah gazebo yang diberi nama "Ruang Informasi" yang seringkali dimanfaatkan untuk acara-acara khusus. Sementara itu, delapan gazebo lainnya diberi nama berdasarkan setiap kecamatan yang ada di Jakarta Barat.

Bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi, mereka dapat memanfaatkan area parkir yang tersedia di sekitar kawasan perkantoran Walikota Jakarta Barat. Sebagai informasi, untuk mengunjungi taman ini, pengunjung tidak dikenakan biaya apapun. [nadira]

 

 
Related News

Popular News

 

News Topic