tech

WhatsApp Luncurkan Fitur Login Menggunakan Email, Pengguna Indonesia Bisa Pakai

Penulis Nadira Sekar
Dec 01, 2023
Foto: Ilustrasi WhatsApp (dok. WhatsApp)
Foto: Ilustrasi WhatsApp (dok. WhatsApp)

ThePhrase.id - Layanan berbagi pesan di bawah naungan Meta, WhatsApp telah menggulirkan fitur verifikasi menggunakan alamat email. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk masuk ke akun WhatsApp tanpa harus menggunakan nomor telepon.

Menurut laporan dari WAbetainfo, fitur verifikasi email ini baru tersedia untuk pengguna iPhone yang telah memperbarui WhatsApp ke versi terbaru, dan rencananya akan segera diperluas untuk pengguna Android. Fitur ini dapat diakses pada aplikasi WhatsApp versi 23.24.70.

Fitur ini berperan sebagai alternatif login jika pengguna mengalami kesulitan dalam menerima kode verifikasi sekali pakai (OTP) berupa enam digit yang diperlukan setiap kali ingin login ke akun WhatsApp di perangkat baru. Biasanya, kode OTP ini dikirimkan melalui SMS ke nomor yang terdaftar.

"Saat Anda mengaktifkan verifikasi dua langkah, Anda dapat memasukkan alamat email. Ini membantu melindungi akun Anda dengan mengizinkan WhatsApp mengirimkan email berisi tautan pengaturan ulang jika lupa PIN, dan mengirimkan kode verifikasi melalui email saat Anda mendaftarkan akun," tulis WhatsApp.

Namun, perlu dicatat bahwa WhatsApp tidak menghapus opsi verifikasi melalui nomor HP. Layanan pesan singkat ini hanya menambahkan alamat email sebagai pilihan tambahan untuk masuk ke akun.

Untuk mendapatkan kode OTP melalui email, pengguna harus terlebih dahulu menautkan alamat email ke WhatsApp dan memastikan bahwa alamat email tersebut aktif. Kode OTP untuk verifikasi saat login WhatsApp akan dikirimkan ke alamat email yang ditautkan.

Untuk menggunakan email sebagai cara login WhatsApp, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.
  2. Pilih "Pengaturan", lalu klik "Akun".
  3. Temukan opsi "Alamat email", masukkan alamat email yang aktif, dan klik "Selanjutnya".
  4. Anda akan menerima kode verifikasi melalui email. 
  5. Masukkan kode tersebut, lalu klik "Verifikasi email". Alamat email akan terhubung ke akun WhatsApp untuk menerima kode OTP saat login.
  6. Pengguna dapat mengubah alamat email kapan saja dengan mengklik ikon “edit (pensil)”.

Ketika beralih perangkat atau menggunakan WhatsApp di perangkat baru, pengguna akan memiliki opsi tambahan untuk login menggunakan alamat email yang telah terdaftar sebelumnya. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Unduh dan buka aplikasi WhatsApp di perangkat baru Anda.
  2. Pilih opsi untuk login menggunakan alamat email.
  3. Masukkan alamat email yang telah didaftarkan sebelumnya
  4. Anda akan menerima kode OTP berupa enam digit untuk login ke akun WhatsApp melalui alamat email yang telah terdaftar sebelumnya.
  5. Ketika Anda menerima kode tersebut, masukkan ke dalam kolom yang tersedia di aplikasi WhatsApp pada perangkat baru Anda.
  6. Setelah Anda berhasil memasukkan kode OTP dengan benar, Anda akan berhasil masuk ke akun WhatsApp pada perangkat yang baru.

Perlu dicatat bahwa alamat email yang digunakan tidak akan terlihat oleh pengguna WhatsApp lainnya, sama seperti nomor ponsel. Pengguna memiliki kebebasan untuk menggunakan ID email apa pun dan tidak dibatasi untuk menggunakan akun yang sama yang digunakan untuk mencadangkan obrolan WhatsApp. [nadira]

 
Related News

Popular News

 

News Topic