ThePhrase.id - Aplikasi berbagi pesan di bawah naungan Meta, WhatsApp baru saja memperkenalkan sejumlah fitur terbaru untuk meningkatkan pengalaman penggunanya, salah satunya adalah Flows, yang diperkenalkan melalui global Conversations yang digelar di Mumbai, India.
Flows sendiri merupakan fitur yang memungkinkan pengguna menyelesaikan tugas-tugas bisnis seperti transaksi jual beli, memilih kursi pesawat atau memesan janji tanpa harus meninggalkan aplikasi.
"WhatsApp Flows memungkinkan bisnis untuk menciptakan pengalaman yang disesuaikan secara langsung di dalam percakapan. Fitur ini memiliki begitu banyak potensi, dan bisnis dapat dengan mudah memanfaatkan fondasi yang telah kami susun untuk menciptakan suatu pengalaman yang unik," kata CEO Meta, Mark Zuckerberg.
Fitur ini akan mulai diperkenalkan di India, di mana pengguna dapat dengan mudah menambahkan item ke dalam keranjang dan menggunakan berbagai pilihan pembayaran seperti UPI, debit, dan kartu kredit tanpa harus keluar dari aplikasi. Untuk memastikan transaksi sesederhana mungkin, WhatsApp telah menjalin kemitraan dengan Razorpay dan PayU untuk fitur ini.
Selanjutnya, WhatsApp mengatakan bahwa fitur tersebut akan tersedia secara global untuk bisnis dalam beberapa bulan ke depan.
Perusahaan juga mengungkap bahwa mereka telah menguji Flows dengan bisnis seperti Banco Pan di Brasil, MagaLu, Lenovo, layanan perjalanan India redBus, bank SBI berbasis India, dan platform penjualan ulang mobil Spinny.
Selain Flows, dalam kesempatan yang sama, WhatsApp juga turut memperkenalkan Meta Verified untuk pelaku bisnis yang menggunakan platform WhatsApp. Dengan fitur ini, pelanggan dapat memastikan bahwa mereka sedang berinteraksi dengan bisnis yang sah.
Untuk menjadi Meta Verified, bisnis harus membuktikan keaslian mereka kepada Meta, dan sebagai imbalan, mereka akan menerima badge terverifikasi, dukungan akun yang ditingkatkan, serta perlindungan dari peniruan.
Bagi bisnis yang tertarik untuk mendaftar, Meta Verified juga akan datang dengan fitur premium tambahan, termasuk kemampuan untuk membuat halaman WhatsApp khusus yang mudah ditemukan melalui pencarian web. Selain itu terdapat fitur dukungan multi perangkat sehingga beberapa karyawan dapat merespons pelanggan. [nadira]