tech

Windows 11 22H2, Apa Saja yang Baru?

Penulis Nadira Sekar
Oct 10, 2022
Windows 11 22H2, Apa Saja yang Baru?
ThePhrase.id - Setelah hampir satu tahun, Microsoft akhirnya menggulirkan pembaruan atau update besar Windows 11, yakni versi 22H2.

"Kami memasuki fase baru peluncuran Windows 11 (yaitu) versi 22H2, dan kami meningkatkan ketersediaannya untuk semua orang yang bisa diperiksa pada perangkat Windows yang memenuhi syarat," kata perusahaan tersebut di dasbor Windows Health.

Foto: Ilustrasi Windows 11 22H2 (dok. Microsoft)


Para pengguna yang tertarik untuk menerapkan pembaruan fitur Windows 11 terbaru dapat mengklik "Periksa Pembaruan" atau ‘Check for Updates’ di dialog Pengaturan Pembaruan Windows. Opsi untuk "Unduh dan instal" Pembaruan Windows 11 2022 akan tersedia jika perangkat pengguna siap dan tidak terpengaruh oleh penangguhan pengamanan.
Fitur Baru di Versi 22H2

Tentunya sebagai software versi teranyar, versi 22H2 hadir dengan sejumlah fitur baru, beberapa di antaranya telah dinanti oleh para pengguna Windows 11 sejak peluncurannya pada Oktober 2021 lalu.

Berikut merupakan fitur-fitur baru yang bisa digunakan pengguna melalui update tersebut.
Folder dalam Menu Start

Untuk memberikan pengalaman organisasi yang lebih baik, pengguna kini bisa mengelompokkan aplikasi favorit yang disematkan di menu Start sesuai dengan kategorinya. Pengguna hanya perlu menarik aplikasi satu dengan lainnya yang ingin digabungkan. Setelah tergabung dalam satu folder, pengguna dapat menamai folder itu sesuai dengan keinginan.
Peningkatan File Explorer

Foto: File Explorer Baru (dok. Microsoft)


File Explorer  secara keseluruhan didesain ulang dalam versi 22H2. Kini File Explorer memiliki halaman Home yang dapat memberikan akses cepat pada file favorit serta file yang baru diakses. Selain itu, nantinya File Explorer akan memiliki opsi Tab sehingga pengguna tidak perlu membuka banyak Windows seperti biasanya untuk mengakses beberapa folder secara bersamaan.

Meski demikian, fitur Tab ini belum tersedia saat ini.
Emoji yang Dipersonalisasi

Sebagai upaya untuk lebih inklusif, pengguna juga dapat memodifikasi gender, jumlah keluarga, dan warna kulit pada emoji. Pengguna hanya perlu menekan tombol logo Windows + (.) untuk membuka panel emoji dan mencari keluarga. Kemudian pilih keluarga dan tekan + untuk memodifikasi emoji.
Aplikasi Edit Video Gratis

Foto: Aplikasi Clipchamp  (dok. Microsoft)


Melalui update kali ini, Microsoft juga menyediakan aplikasi penyuntingan video gratis Clipchamp. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah Clipchamp juga memiliki paket berbayar, meskipun sebagian besar kegunaannya tidak mengharuskan pengguna untuk membayar.
Voice-to-Text dan Live Caption

Melalui pembaruan kali ini, pengguna juga dapat mengontrol aplikasi, mengetik email, mencari online, dan lainnya menggunakan suara. Untuk memulai, pilih Mulai > Pengaturan > Aksesibilitas > Ucapan > Akses suara.

Foto: Live Captions Windows 11 (dok. Microsoft)


Selain itu, versi 22H2 juga hadir dengan Live Caption di mana Windows secara langsung menerjemahkan setiap kata, mulai dari rapat hingga podcast ke dalam teks tulisan yang dapat dipersonalisasi baik font, warna teks, ukuran teks, dan lainnya. Aktifkan teks otomatis di panel setelan cepat atau di Setelan > Aksesibilitas > Teks.
Windows 11 Taskbar

Microsoft memulihkan kemampuan drag-and-drop ikon taskbar, memungkinkan pengguna untuk menyeret file ke aplikasi yang dibuka dan meluncurkannya di dalam aplikasi.

Microsoft juga menambahkan fitur overflow ketika taskbar terisi dengan terlalu banyak program yang terbuka. Fitur ini akan menampilkan menu kecil di sisi kanan bilah tugas yang, ketika di klik, menampilkan item lain yang terbuka.
Task Manager

Foto: Tampilan Task Manager Baru (dok. Microsoft)


Windows 11 22H2 menyertakan desain Task Manager yang baru berdasarkan Fluent UI dan WinUI. Selain itu, Task Manager baru sekarang memiliki menu hamburger yang memungkinkan pengguna melihat label teks yang mewakili setiap ikon bagian.

Tak hanya itu, Di task manager hadir mode efisiensi yang dapat membatasi sumber daya yang digunakan aplikasi. Ini dapat membantu pengguna mendapatkan sistem yang lebih cepat dan lebih hemat energi.

Buka Pengelola Tugas dengan Ctrl + Shift + Esc.

[nadira]

Tags Terkait

-
 
Related News
Popular News
 

News Topic