Wisata Uji Nyali di Goa Halo Tabung Maratua, Berani Coba?

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Indah namun menantang keberanian. Ya, itulah kata-kata yang cocok untuk mendeskripsikan Goa Halo Tabung Maratua.

Terletak di Kepulauan Derawan, tepatnya di Pulau Maratua, Kalimantan Timur, tempat wisata ini terbilang cukup ‘nge-hitz’ di sosial media.

Untuk sampai ke goa ini, para pengunjung biasanya menggunakan speedboat selama kurang lebih 20 menit dari resort terdekat. Selama perjalanan, pengunjung akan disuguhkan pemandangan berupa pulau-pulau kecil dengan tepian pantai berwarna hijau kebiru-kebiruan indah yang keberadaannya belum terjamah oleh manusia.

Resort di sekitar kepulauan Maratua (Foto: niaga.asia)

Lalu sesampainya di dermaga Goa Halo Tabung, pengunjung hanya perlu membeli tiket seharga 20 ribu rupiah. Namun jika hendak melakukan pemotretan prewedding, maka tiket yang harus bayar sejumlah 250 ribu rupiah. Sedangkan untuk melakukan syuting filmatau iklan, biaya yang harus dibayarkan yakni sebesar 500 ribu rupiah.

Kepulauan Derawan yang terletak di sekitar daerah Maratua (Foto: Blog Kulo)

Setelah membeli tiket, pengunjung tidak akan langsung “bertemu” dengan Goa Halo. Dengan menyusuri hutan sekitar 50 meter dari lokasi pembelian tiket, baru akan menyaksikan keindahan goa tersebut.

Sepanjang perjalanan menuju goa, akan diiringi oleh cuitan burung-burung yang tentunya akan membuat pengunjung merasa relax.

Setibanya di tengah hutan, pengunjung akan disuguhi oleh pemandangan yang menyejukkan mata. Ya, pemandangan tersebut adalah Goa Halo Tabung.

Menyerupai danau, Goa ini terbentuk dari celah seperti goa vertikal yang terisi air tenang dan jernih berwarna biru berkilauan ketika diterpa sinar mentari.

Goa Halo Tabung Maratua (Foto: khairulleon.com)

Walaupun terlihat indah, Goa tersebut mempunyai bagian yang terlihat gelap yang dapat membuat bulu kuduk merinding.

Oleh karena itu, orang-orang yang berani terjun dan berenang ke dalam perairan di Goa tersebut, biasanya akan merasakan kebanggaan tersendiri.

Goa Haji Mangku, salah satu goa di Goa Halo Tabung (Foto: Instagram/abdullah_ginanjar)

Selain merasa bangga, para pengunjung yang berenang di Goa Halo juga ternyata mendapat pengalaman luar biasa yang tak terlupakan. Mulai dari harus melawan rasa takut ketika hendak terjun dari tebing untuk menyelam dan berenang ke dalam goa, hingga kemudian berenang di perairan sedalam 20 hingga 35 meter.

Dengan suhu air yang cukup dingin, para pengunjung nantinya harus berenang menyusuri lorong-lorong goa agar dapat keluar dari goa tersebut. Nah dalam perjalanan menyusuri goa inilah, nyali pengunjung akan diuji.

Salah satu wisatawan menyelam di Goa Halo Tabung (Foto: travelingyuk.com)

Dikarenakan situasinya yang cukup gelap dengan kedalaman air hingga puluhan meter serta terdapatnya stalagtit dan stalagnit tajam dalam goa yang harus dihindari, cukup banyak pengunjung yang merasa takut. Bahkan ada yang hingga berhalusinasi jika di goa tersebut terdapat monster yang sedang bersembunyi. Wah, ada-ada saja ya.

Namun sesampainya di pintu keluar goa, pengunjung akan merasa lega, senang, dan puas akan perjuangan menyusuri lorong-lorong tadi

Meskipun terasa menantang dan menyenangkan, hal yang perlu diingat jika hendak berenang di Goa Halo adalah jangan lupa untuk menggunakan pelampung sebelum berenang. Bisa juga menggunakan alat-alat snorkeling apabila ingin menyelam dan mengeksplor perairan tersebut ke kedalaman yang lebih jauh.

Itulah dia gambaran menarik mengenai perjalanan wisata ke Goa Halo Tabung Maratua. Apakah tertarik mengunjunginya? [hc]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you