Yuk Intip Pergelaran Topeng-topeng, Atraksi Baru Bali

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Bagi pecinta seni dan yang sering berlibur ke Bali untuk menonton pentas seni, Pergelaran Topeng-topeng dapat menjadi destinasi atraksi baru yang tidak kalah menarik. Pergelaran Topeng-topeng ini merupakan pertunjukan tari karya Sukmawati Soekarno Putri yang dikembangkan dan sudah melalui proses pembuatan selama kurang lebih dua tahun.

Pada 18 November 2022 mendatang akan ada pertunjukan seni di Panggung Terbuka Ardha Candra yang ada di Taman Budaya Provinsi Bali. Tentunya, Pergelaran Topeng-topeng ini akan tampil meramaikan Panggung Terbuka Ardha Candra bersama penampilan lain seperti Pancer Langit, Genggong Kutus, Sanggar Kakul Mas, Putra Barong, Barongsai Singa Emas dan Balawan.

Penari topeng. (Foto: dok. Kemenparekraf)

Di venue yang dapat menampung 6.000 pengunjung ini akan diramaikan juga dengan Pergelaran Topeng-topeng yang unik. Pergelaran tersebut merupakan perpaduan tiga seni yaitu musik, tari dan topeng. Uniknya lagi Pergelaran Topeng-topeng ini melibatkan 100 orang yang terdiri dari penari maupun pemusik.

Selain itu, 39 topeng-topeng yang akan digunakan merupakan topeng dari berbagai daerah di Indonesia. Namun, topeng-topeng yang digunakan ini merupakan kreasi baru, bukan tari topeng tradisional. Bentuknya unik dan tetap menggambarkan budaya Indonesia.

Meskipun begitu, tari topeng sendiri merupakan tarian khas Bali dan pagelaran baru ini akan dipentaskan dengan nuansa baru yang kontemporer dan modern namun tetap dengan sentuhan tradisional.

Dok. Kemenparekraf

Tak hanya semata-mata penampilan seni saja, pagelaran ini menceritakan tentang filosofi Tri Hita Karana yang akan ditampilkan selama dua jam untuk mendalami filosofi melalui gerakan, kostum, dan musik. Seni ini akan menunjukan bagaimana kebahagiaan dan kehidupan harmonis yang dikaitkan dengan Sang Pencipta, manusia dengan manusia, serta manusia dengan lingkungan yang penuh makna.

Pagelaran yang digarap oleh putri ke-4 Proklamator Republik Indonesia ini merupakan perempuan pertama sebagai penari topeng. Dilansir dari Bali Tribune, ia mengatakan bahwa perempuan tidak akan memilih tarian tersebut karena merupakan ranahnya laki-laki.

Pergelaran Topeng-topeng kali ini merupakan kolaborasi antara Studio Inspirasi dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Akan tampil juga bintang tamu spesial yaitu Ade Rai, binaragawan asal Bali yang akan berperan sebagai Patih Gajah Mada. [Syifaa]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you