lifestyleBeauty

ZAP Beauty Index 2024: Kulit Putih Tak Lagi Jadi Tren Kecantikan

Penulis Firda Ayu
Feb 01, 2024
(Foto: Canva/Jacob Lund)
(Foto: Canva/Jacob Lund)

ThePhrase.id - ZAP kembali meluncurkan ZAP Beauty Index 2024, survei tahunan yang memotret perilaku wanita Indonesia tentang dunia kecantikan. Tahun ini, ZAP Beauty Index melibatkan 9.000 wanita Indonesia berusia 15-65 tahun.

Survei hasil kerja sama antara ZAP dan MarkPlus ini merupakan survei pertama dan paling komprehensif mengenai kebiasaan konsumen dan industri kecantikan Indonesia. Pada ZAP Beauty Index 2024 terdapat beberapa temuan menarik, mulai dari tren kecantikan terkini, produk kecantikan paling banyak dicari, hingga kebiasaan wanita merawat diri. 

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini ZAP juga meluncurkan MEN/O/LOGY Index 2024, survei yang merangkum persepsi pria Indonesia mengenai penampilan, maskulinitas dan perawatan diri. MEN/O/LOGY Index 2024 melibatkan 1.500 responden pria berusia 15-55 tahun di seluruh Indonesia.

Tren Kecantikan

ZAP Beauty Index 2024   Kulit Putih Tak Lagi Jadi Tren Kecantikan
(Foto: Canva/puhhha from Getty Images)

Arti “cantik” bagi wanita Indonesia saat ini adalah memiliki kulit wajah yang mulus dan glowing juga berpenampilan baik atau well-dressed

Sebanyak 63,4% wanita Indonesia merasa cantik bila memiliki wajah mulus, glowing, dan well-dressed. Dari persentase tersebut, kulit wajah mulus mendapatkan perolehan 30,7%, sementara kulit wajah glowing mewakili 16,3% pendapat wanita Indonesia terkait arti cantik.

Sementara itu, sebanyak 98,9% atau hampir seluruh wanita Indonesia sepakat bahwa kulit putih tak lagi menjadi standar kecantikan masa kini. Namun, ada sejumlah kondisi kulit yang jadi kekhawatiran para wanita, seperti  kulit kusam (53,8%), pori-pori kulit wajah yang besar (49,3%), dan mata panda (34,1%). 

Permasalahan munculnya tanda penuaan dini yang ditandai dengan munculnya garis-garis halus dan kerutan di wajah juga mulai dirasakan oleh 29,5% wanita Gen Z atau kelahiran tahun 1997-2012.

“ZAP Beauty Index dan MEN/O/LOGY Index menunjukkan upaya ZAP dalam mendengarkan concern wanita serta pria Indonesia untuk memahami hal-hal yang mereka sukai, sehingga ZAP dapat terus bertumbuh bersama mereka,” ungkap CEO dan Founder ZAP Group Fadly Sahab.

Tipe Idaman

Di mata pria, fisik wanita bukanlah yang utama, melainkan sifat dan kepintaran. Sebesar 71,1% pria menganggap bahwa sifat (personality) dan attitude menjadi daya tarik utama wanita. Sebanyak 56,2% pria tertarik pada wanita pintar, sementara 44,6% pria berpendapat bahwa ketimbang gaya berpakaian, mereka lebih menyukai fitur wajah yang dimiliki wanita seperti mata, bibir, atau hidung.

Selain itu, mayoritas wanita sebanyak 65,3% lebih mengutamakan pria yang cerdas untuk dijadikan pasangan, 55,6% wanita mengaku bakal memilih pria yang sudah matang secara finansial, dan 44,3% wanita menilai bahwa pria yang memiliki visi jelas dan prinsip kuat lebih atraktif. 

Secara fisik, wanita Indonesia menginginkan pria dengan tubuh yang tinggi (21,3%) serta kulit wajah terawat (20,1%).

Pria dan Perawatan Diri

ZAP Beauty Index 2024   Kulit Putih Tak Lagi Jadi Tren Kecantikan
(Foto: Canva/Maridav)

Tak seperti wanita yang cenderung fokus pada kulit wajah, pria merasa lebih tampan jika berpenampilan baik dan bertubuh sehat serta bugar. Meski demikian, wajah mulus tetap menjadi idaman bagi 19,1% pria, yang merasa tampan jika memiliki wajah bersih dan mulus tanpa bekas jerawat dan flek.

Pria juga memiliki kekhawatiran tersendiri atas penampilannya. Hampir separuh dari pria di Indonesia merasa tidak percaya diri kulit wajah mereka saat ini. Sebanyak 42% pria merasa memiliki kulit yang kusam, sedangkan 37% merasa memiliki pori-pori wajah yang besar. Berbeda dengan wanita, mayoritas pria Indonesia merasa belum mengalami tanda-tanda penuaan.

Rambut juga merupakan hal yang membuat 22,4% pria tidak percaya diri. Sebanyak 34,7% pria mengalami kerontokan rambut, 34,4% memiliki rambut berketombe, dan 30,1% memiliki permasalahan rambut kering. Padahal, 96,7% pria menganggap rambut memberikan pengaruh signifikan bagi penampilan.

MEN/O/LOGY juga menemukan bahwa banyak pria Indonesia telah rutin menggunakan skincare, bahkan 6,9% pria Indonesia telah menggunakan cleansing balm sebagai salah satu produk skincare yang mereka gunakan, selain serum (26,4%) dan masker (25,7%)

“Hasil survei MEN/O/LOGY Index 2024 membuktikan bahwa pria Indonesia memiliki kepedulian yang besar pada penampilan fisik mereka, terutama kulit dan rambut. Banyak di antara mereka yang telah melakukan perawatan di klinik. Hampir 50% pria Indonesia pernah melakukan perawatan di klinik kecantikan,” ungkap Chief Operating Officer MarkPlus Institute Yosanova Savitry.

Klinik Kecantikan Jadi Pilihan

Klinik kecantikan menjadi salah satu pilihan wanita untuk mendapatkan cantik yang didambakan. Biaya yang dikeluarkan untuk membeli produk skincare tiap bulannya juga beragam, 71,4% wanita Indonesia merogoh kocek lebih dari Rp300.000 dan 28,6% wanita menghabiskan lebih dari Rp 500.000. Biaya tersebut lebih besar dibandingkan dengan pengeluaran untuk produk makeup dengan hanya 39,9% wanita yang mengeluarkan lebih dari Rp 300.000 setiap bulannya.

Sebanyak 75,8% wanita mencari produk skincare dengan manfaat mencerahkan, 58,9% mencari produk yang melembabkan kulit. Sebanyak 53,8% wanita Gen Z mengaku ingin menyamarkan bekas jerawat, sementara 44,9% wanita Gen Z menginginkan produk skincare yang dapat memperlambat penuaan.

ZAP Beauty Index juga menemukan 66,4% wanita mempertimbangkan kandungan produk skincare, sedangkan 42,8% mempertimbangkan reputasi atau kredibilitas brand saat membeli produk kecantikan. Label produk seperti “halal” dan “cruelty free” juga dinilai penting oleh hampir 50% wanita Indonesia dengan 89,4% wanita bersedia membayar lebih produk yang berasal dari merek ramah lingkungan. [fa]

Artikel Terkait Pilihan ThePhrase

 
Banyak dibaca
Artikel Baru
 

News Topic