auto

5 Cara Menghilangkan Baret Mobil dengan Bahan Terjangkau

Penulis Rahma K
Aug 04, 2023
Ilustrasi mobil baret. (Foto: Canva Pro/Getty Images/fotograv)
Ilustrasi mobil baret. (Foto: Canva Pro/Getty Images/fotograv)

ThePhrase.id – Berkendara di jalanan membuat mobil rentan terhadap goresan dan baret pada bodinya akibat bersinggungan dengan kendaraan lain, ataupun mengenai suatu benda. Hal ini membuat tampilan menjadi kurang enak dipandang. 

Untuk itu, para pemilik mobil yang ingin cepat-cepat memperbaiki goresan tersebut agar mobil kembali terlihat prima dan apik. Namun, tak sedikit orang yang ingin memperbaikinya sendiri tanpa harus pergi ke bengkel agar tidak merogoh kocek terlalu dalam.

Jika kamu salah satu orang yang ingin memperbaiki dan menghilangkan baret-baret mobil sendiri, yuk simak beberapa cara yang dapat kamu lakukan di rumah dengan hanya menggunakan beberapa bahan yang terjangkau!

1. Menggunakan kompon

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah menggunakan bahan kompon. Bahan ini dapat dengan mudah ditemukan di e-commerce ataupun toko yang menjual barang-barang untuk perlengkapan mobil. Kamu juga harus menyiapkan kain ya!

Cara menggunakannya adalah pertama-tama dengan membersihkan kotoran di sekitar baret dan mengeringkannya dengan kain. Kemudian, poles bagian yang tergores dengan kompon poles dan langsung poles menggunakan kain dengan cepat sebelum kompon mengering. Lakukan dengan satu arah dan dengan ringan agar cat mobil tidak terkikis. Setelah selesai, bilas dengan air dan keringkan.

2. Menggunakan pasta gigi

Selanjutnya adalah menggunakan pasta gigi. Pasta gigi dapat digunakan untuk menghilangkan baret yang ringan. Caranya adalah siapkan kain lembut dan basahkan, tuangkan pasta gigi ke kain yang telah dibasahkan, lalu gosok pada bagian yang baret. Lakukan penggosokan dengan teknik melingkar agar hasil polesannya sama rata.

5 Cara Menghilangkan Baret Mobil dengan Bahan Terjangkau
Ilustrasi orang menghilangkan bekas goresan di mobil. (Foto: Canva Pro/Getty Images/KatarzynaBialasiewicz)

3. Menggunakan obat nyamuk cair

Obat nyamuk cair ternyata memiliki kegunaan lain selain untuk menghindari manusia dari gigitan nyamuk, yakni untuk menghilangkan baret mobil. Bukan tanpa alasan, obat nyamuk cair masuk dalam salah satu bahan yang dapat menghilangkan goresan karena kandungan di dalamnya.

Cara menggunakannya adalah tuangkan obat nyamuk cair ke kain atau lap yang berbahan halus dan kering, kemudian usap secara perlahan selama kurang lebih 15 hingga 20 detik dengan gerakan memutar agar merata ke seluruh bagian yang terkena goresan.

4. Menggunakan wax atau cairan pembersih

Jika goresan yang terjadi pada mobil merupakan goresan halus, dapat menghilangkannya dengan menggunakan tipe wax. Namun, perlu diketahui bahwa terdapat dua jenis tipe wax, padat dan cair. Tipe wax cair bersifat abrasif, sehingga lebih harus berhati-hati jika digunakan.

Menggunakan tipe wax cair harus dengan pelan karena jika menggosok terlalu keras dapat menyebabkan goresan justru bertambah. Sementara tipe wax padat tidak memiliki kandungan abrasif, sehingga lebih aman digunakan.

5. Menggunakan minyak rem 

Terakhir, pemilik mobil juga dapat menggunakan minyak rem untuk menghilangkan baret. Bahan-bahan yang harus disiapkan adalah minyak rem, lap bersih, dan juga kanebo halus yang bersih dan kering. 

Cara menggunakan adalah tuang minyak rem ke kanebo kering sesuai dengan kebutuhan, sesuaikan dengan ukuran goresan. Kemudian gosok perlahan permukaan yang baret secara merata, dan bersihkan menggunakan air dan lap menggunakan lap kering. Namun, perlu diperhatikan bahwa minyak rem bersifat keras, sehingga harus berhati-hati dalam penggunaannya. [rk]

 
Related News

Popular News

 

News Topic