lifestyleCoffee

5 Hal Ini Bisa Kurangi Cita Rasa Kopimu, Apa Saja?

Penulis Firda Ayu
Sep 25, 2023
Ilustrasi kopi (Foto: Canva/Hansuan_Fabregas)
Ilustrasi kopi (Foto: Canva/Hansuan_Fabregas)

ThePhrase.id - Banyak dari pecinta kopi yang memulai hari dengan menyeduh secangkir kopi panas. Namun, secangkir kopi dengan cita rasa kaya dapat rusak dan terasa kurang nikmat karena berbagai hal, seperti kualitas biji kopi hingga cara penyimpanan kopi.

Ada beberapa hal yang dapat mengurangi cita rasa kopimu menjadi kurang nikmat, apa sajakah hal tersebut? Simak informasinya berikut dilansir dari Javapresse.

Penyimpanan yang kurang baik

 

5 Hal Ini Bisa Kurangi Cita Rasa Kopimu  Apa Saja
Ilustrasi Penyimpanan Kopi (Foto: Canva/kazuma seki)

Kopi merupakan produk agrikultural yang perlu disimpan dengan benar agar tingkat kesegaran tetap maksimal, sama seperti buah, daging, dan produk segar lainnya. Maka dari itu, bagi pencinta kopi yang menyeduh kopi di rumah, perlu memerhatikan cara penyimpanan biji kopi.

Kopi yang disimpan pada tempat yang tepat akan tetap segar dan bertahan hingga 2 - 3 minggu. Namun, kesalahan pada penyimpanan kopi dapat mengakibatkan kopi menjadi tidak segar meski baru satu minggu disimpan.

Simpanlah kopi pada wadah kedap udara di tempat yang minim cahaya atau tidak terkena sinar matahari. Kopi juga perlu disimpan pada suhu ruangan yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin agar kesegarannya tetap terjaga.

Baca juga: Cara Menyimpan Kopi Agar Rasanya Tetap Terjaga

Alat pembuat kopi yang kotor

Alat pembuat kopi yang kotor dapat memengaruhi kualitas dan cita rasa kopi. Hal yang umum terjadi pada coffee maker adalah berjamur hingga berlapis kalsium. 

Alat pembuat kopi tetes otomatis dikenal mudah berjamur karena susah untuk dibersihkan, berbeda dengan manual brewer yang lebih mudah dibersihkan. Sementara itu, kalsium menjadi masalah universal yang kerap melapisi alat pembuat kopi karena sumber air yang mengandung kalsium. 

Untuk membersihkan alat pembuat kopi, kamu dapat merendam coffee maker dengan campuran cuka dan air selama beberapa jam. Kamu dapat melakukan cara ini setiap 1 - 2 bulan sekali agar alat pembuat kopi tetap bebas dari jamur dan kotoran sehingga kopi yang dihasilkan memiliki cita rasa maksimal.

Baca juga: Teknik Manual Brew Kopi yang Dapat Dicoba di Rumah

Menggiling terlalu banyak kopi

5 Hal Ini Bisa Kurangi Cita Rasa Kopimu  Apa Saja
Ilustrasi Menggiling Kopi (Foto: Canva/ktsimage)

Setelah dipanggang, biji kopi utuh akan memiliki kesegaran 2 - 3 minggu, namun biji kopi yang telah digiling hanya memiliki prime time sekitar 30 menit. Oleh karena itu, menggiling terlalu banyak kopi dalam satu waktu menjadi satu hal yang dapat merusak cita rasa kopimu.

Aroma pada kopi dapat rusak dan kopi akan kehilangan kesegarannya apabila didiamkan terlalu lama setelah digiling. Untuk menjaga kualitas kopi, pastikan untuk menggiling kopi beberapa menit sebelum diseduh agar kesegaran kopi tetap terjaga.

Kalsium pada air atau air sadah 

Air sadah atau air dengan kadar kalsium tinggi dapat merusak cita rasa kopi hingga mengotori alat pembuat kopimu. Air ini biasanya memiliki rasa mineral yang kuat dan akan terasa meski telah tercampur kopi.

Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan air yang baik seperti purified water atau air yang telah dimurnikan atau air dengan total padatan terlarut sekitar 150ppm. 

Kurang Eksplorasi Kopi

5 Hal Ini Bisa Kurangi Cita Rasa Kopimu  Apa Saja
Eksplorasi berbagai jenis kopi (Foto: Canva/Mustafa Yilmiz)

Kopi merupakan salah satu minuman kompleks dengan berbagai macam rasa, tingkat keasaman hingga after taste sehingga cita rasa kopi juga disebut sebagai keindahan yang beragam. Namun, kurangnya eksplorasi kopi dapat membuat pecinta kopi kehilangan beragam cita rasa kopi yang kaya.

Eksplorasi cita rasa kopi yang beragam mulai dari mencoba biji kopi dari daerah baru, mencoba teknik menyeduh baru, hingga coba merasakan beragam kopi. 

Itu dia beberapa hal yang dapat merusak cita rasa kopi favoritmu. Hindari berbagai hal di atas agar dapat menikmati cita rasa kopi yang kaya dan beragam. [fa]

 
Related News

Popular News

 

News Topic