auto

6 Perubahan Mobil F1 pada Musim 2022

Penulis Rahma K
Feb 24, 2022
6 Perubahan Mobil F1 pada Musim 2022
ThePhrase.id – Pada pertengahan tahun 2021 lalu, Formula 1 (F1) secara resmi mengumumkan desain mobil balap terbaru untuk musim tahun 2022. Mendekati perlombaan pertama yang akan berlangsung pada 18-20 Maret di Bahrain, yuk lihat wujud mobil baru F1!

Berbeda dengan musim-musim sebelumnya, perubahan dari mobil F1 2021 ke 2022 terlihat mencolok. Hal ini dapat dilihat dari artikel resmi yang dikeluarkan F1, di mana perubahannya meliputi enam bagian, yakni sayap depan, toda, sayap belakang, lantai, bodi, dan berat.

Kesepuluh mobil balap pada tes pramusim F1 di Barcelona, Spanyol (23/02). (Foto: instagram/f1)


Selain itu, mobil baru F1 kini telah dapat dilihat oleh para penggemar melalui pre-season test atau tes pramusim yang saat ini sedang berlangsung di Barcelona, Spanyol. Pre-season test ini berlangsung dari 23 hingga 25 Februari 2022.

Dari pre-season test hari pertama yang telah dilakukan, laman resmi Formula 1 mengatakan bahwa mobil baru 2022 ini memperlihatkan keandalan yang lebih. Namun, dikutip dari Reuters, para pembalap mengatakan bahwa terlalu dini untuk menyimpulkan apapun.

"Selalu ada titik buta di dalam mobil. Jadi harus menggunakan banyak intuisi juga saat balapan berdampingan. Akan ada sedikit lagi (hal) untuk kami agar sesuai, terutama di awal tahun 2022. Tetapi mungkin dengan beberapa balapan kami akan seperti 'Ah, kami tidak benar-benar merasakannya lagi'," ungkap salah satu pembalap F1 dari tim McLaren, Daniel Ricciardo, dilansir dari laman resmi F1.

Lantas, seperti apa enam perubahan mencolok mobil Formula One musim 2021 dan musim 2022?

Front Wing/Sayap Depan


Perbedaan front wing mobil F1 versi 2021 dan 2022. (Foto: formula1.com)


Perubahan pertama yang terlihat mencolok dari bagian depan adalah pada bagian sayap depan atau spoiler depannya. Versi 2022 dirancang menjadi lebih 'netral' dari tahun lalu yang mana dinilai sangat kompleks desainnya sehingga membuat kurang sensitif secara aerodinamis ketika pembalap berada di belakang mobil lainnya.

Aliran udara yang keluar dari mobil di depan atau kadang disebut dengan 'udara kotor' merupakan alasan utama mengapa para pembalap kesulitan mengikuti pembalap di depannya secara dekat. Maka dari itu, desain sayap depan baru ini dibuat untuk mengatasi masalah tersebut.

Wheels and Tyres/Roda dan Ban


Perbedaan roda mobil F1 versi 2021 dan 2022. (Foto: formula1.com)


Ban dan roda juga merupakan salah satu komponen yang sangat terlihat perbedaannya. Mobil F1 sebelumnya menggunakan roda berukuran 13 inci, tetapi pada musim 2022 ini, mobil F1 dirancang menggunakan roda berukuran 18 inci. Terlebih lagi, bannya berprofil rendah, memberikan tampilan lebih kontemporer dan agresif. Perubahan lainnya berada pada bagian penutup roda yang mana sekarang wajib ada untuk membantu menjaga aliran udara tetap bersih.

Rear Wing / Sayap Belakang


Perbedaan rear wing mobil F1 versi 2021 dan 2022. (Foto: formula1.com)


Nah, bentuk sayap atau spoiler belakang dari mobil F1 versi tahun 2022 ini terlihat mencolok perbedaannya. Versi 2022 memiliki ujung yang lebih melengkung daripada 2021 yang lebih kotak. Bukan tak beralasan, desain baru ini memiliki tujuan 'menarik' aliran udara yang keluar dari mobil ke arah atas dan melewati mobil setelahnya, daripada langsung ke arah mobil tersebut secara aerodinamis.

Floor/Lantai


Perbedaan floor mobil F1 versi 2021 dan 2022. (Foto: formula1.com)


Jika dilihat dari atas, terlihat jelas perbedaan lantai dari kedua versi mobil F1 tahun 2021 dan 2022. Tetapi perbedaan fungsionalnya terletak pada bagian bawah lantai yang mana tidak terlihat yakni pada versi terbarunya terdapat semacam 'terowongan'. Kegunaannya adalah untuk menciptakan downforce besar melalui ground effect yang mana tidak terpengaruh saat mengikuti mobil di depan, dan juga tidak mempengaruhi mobil di belakang.

Bodywork/Bodi


Perbedaan bodi mobil F1 versi 2021 dan 2022. (Foto: formula1.com)


Jika dilihat dari samping, bodi mobil F1 versi 2022 terlihat lebih 'bersih' secara keseluruhan. Terutama pada kedua sisi area kokpit yang mana pada versi sebelumnya terdapat bagian-bagian yang tidak ada di versi terbarunya. Terdapat juga kisi-kisi keluar pendingin pada bodinya yang kembali diizinkan pada tahun ini setelah dilarang pasca tahun 2008.

Weight/Berat


Perbedaan mobil F1 versi 2021 dan 2022. (Foto: formula1.com)


Terakhir, meski tidak dapat terlihat, tetapi perbedaan ini menjadi salah satu perbedaan yang cukup signifikan, yakni perbedaan berat. Mobil Formula 1 versi 2022 mendapatkan kenaikan berat 5 persen dari 752 kg menjadi 790. Ini berkat pembaruan secara keseluruhan seperti velg, ban, bodi, sayap, dan lain-lain.

Faktor lain yang mempengaruhi berat yang meningkat ini adalah persyaratan keselamatan yang meningkat. Dengan tingkat uji tabrak yang ditinggikan lagi, akan lebih memastikan pembalap terlindungi lebih baik dari sebelumnya.

Nah, itu dia perubahan dan perbedaan antara mobil Formula One versi musim 2021 dan 2022. Apakah kamu tertarik menonton balapan ronde pertamanya pada Maret mendatang? [rk]

Tags Terkait

-

Artikel Terkait Pilihan ThePhrase

 
Banyak dibaca
Artikel Baru
 

News Topic