leader

Akan Fokus Studi S3, Ezra Mandira Putuskan Berhenti Jadi Gitaris HIVI!

Penulis Rahma K
Oct 04, 2023
Ezra Mandira. (Foto: Instagram/ezramandira)
Ezra Mandira. (Foto: Instagram/ezramandira)

ThePhrase.id – Kabar hengkangnya Ezra Mandira Sugandi, gitaris band kecintaan kalangan muda Indonesia, HIVI! cukup membuat para penggemar dan juga masyarakat Indonesia kaget sekaligus sedih.

Pasalnya, Ezra telah bergabung dengan HIVI! sejak band tersebut pertama kali dibentuk pada tahun 2009. Tercatat, Ezra telah berkarya bersama HIVI! selama 14 tahun sebagai sang gitaris utama dan juga vokal latar.

Pada pengumuman kepergiannya yang dilakukan secara live di akun Instagram @sayhivi pada Kamis, 28 September 2023 tersebut, Ezra turut membeberkan alasannya akan keluar dari grup yang membesarkan namanya tersebut.

Pria kelahiran 29 September 1991 itu mengatakan dirinya keluar dari HIVI! untuk melanjutkan studinya di luar negeri, lebih tepatnya studi S3. Namun, tak dikatakan negeri apa yang akan menjadi tujuannya dalam mengenyam pendidikan tinggi tersebut.

"Saya memilih dan memutuskan untuk fokus melanjutkan perjalanan hidup saya di luar HIVI! dimulai dari bidang akademik, yaitu sebagai akademisi. Lebih jelasnya mengundurkan diri dari HIVI! untuk ke depan dan seterusnya," ungkap sang gitaris, Kamis (28/9).

Pada siaran langsung tersebut, didampingi ketiga anggota HIVI! lainnya, Ezra juga mengungkapkan bahwa keputusan ini merupakan sebuah keputusan yang besar dan telah dikomunikasikan dari jauh hari dengan rekan-rekan satu bandnya.

"Sebuah keputusan yang besar namun saya percaya apa yang saya pilih dan putuskan ini sudah melalui banyak pertimbangan dan juga sudah dikomunikasikan jauh-jauh hari kepada teman-teman yang ada di sini," lanjutnya.

Akan Fokus Studi S3  Ezra Mandira Putuskan Berhenti Jadi Gitaris HIVI
Ezra Mandira. (Foto: Instagram/ezramandira)

Terakhir, Ezra juga mengatakan bahwa selain akan melanjutkan studinya ke jenjang S3, ia juga akan mengajar di perguruan tinggi dengan harapan dapat memberikan dampak serta berkontribusi secara nyata.

"Ke depan saya akan fokus mengejar studi doktoral S3, mengajar juga di perguruan tinggi, dan harapannya bisa memberikan dampak kontribusi yang nyata juga untuk industri musik. Mohon doanya," tutupnya.

Sebelum secara resmi diumumkan pada siaran langsung tersebut, pada panggung Pestapora 2023 yang digelar pada Sabtu (23/9), anggota HIVI! lainnya, yakni Febri telah memberikan bocoran bahwa Ezra akan keluar dari HIVI! untuk melanjutkan pendidikannya.

"Bulan Oktober adalah bulan terakhir seorang Ezra Mandira menjadi bagian dari HIVI! karena dia harus berkonsentrasi mengambil S3-nya di luar (negeri). Industri musik butuh banyak profesor teman-teman, agar semua bisa jauh lebih berkembang. Merupakan suatu kebanggaan bagi kami memiliki calon profesor di masa depan," beber Febri.

Kendati demikian, Ezra tidak langsung keluar dai HIVI! begitu saja. Ia baru akan secara resmi keluar dari HIVI! pada Rabu, 1 November 2023. Ia mengungkapkan kepergiannya satu bulan sebelumnya agar tak membuat penggemarnya terlalu bersedih. 

Pada laman Instagram pribadinya, Ezra mengungkapkan pengumuman ini sebagai 'one month notice' layaknya di industri pekerjaan yang mengharuskan karyawan memberikan notice satu atau beberapa bulan sebelumnya, sebelum keluar dari perusahaan.

Pentingkan pendidikan

Akan Fokus Studi S3  Ezra Mandira Putuskan Berhenti Jadi Gitaris HIVI
Ezra Mandira saat kelulusan S2. (Foto: Instagram/ezramandira)

Sosok Ezra memang dikenal sebagai seseorang yang selalu mementingkan pendidikan. Diketahui, Ezra merupakan lulusan salah satu SMA swasta terbaik di Jakarta, yakni Labschool Kebayoran. 

Ia kemudian melanjutkan studi S1-nya paralel sembari merintis band HIVI! bersama rekan-rekannya di tahun 2009. Untuk pendidikan sarjananya, Ezra berkuliah di Swiss German University di Tangerang pada jurusan Teknik Industri.

Bukan hanya satu gelar, anak dari penyanyi dan pemeran Dina Mariana Heuvelman ini lulus S1 dengan dua gelar sekaligus, yakni Sarjana Teknik (S.T.) dan juga Bachelor of Engineering (B.Eng.) pada jurusan yang sama.

Meskipun HIVI! perlahan-lahan dikenal oleh masyarakat dan mulai menukik dan digemari oleh para kalangan muda, Ezra tidak melupakan pendidikannya dan bahkan bertekad untuk meraih pendidikan yang lebih tinggi, yakni S2.

Ezra mewujudkan keinginan tersebut dengan berkuliah S2 di Universitas Indonesia (UI) pada jurusan Teknik Industri yang berfokus pada System Engineering pada tahun 2017 dan lulus di tahun 2021 dengan gelar (M.T.).

Selain sibuk menghibur penggemar musik dari panggung ke panggung dan dari kota ke kota, ayah dari satu anak ini juga memiliki pekerjaan lain, yakni sebagai pengajar paruh waktu (part-time) di SAE Indonesia. [rk]

 
Related News
Popular News
 

News Topic