leader

Alifah Ratu, Lulusan Teknik Perminyakan ITB yang Dirikan Teratu Beauty

Penulis Firda Ayu
Nov 12, 2023
(Foto: instagram.com/alifahratu)
(Foto: instagram.com/alifahratu)

ThePhrase.id - Teratu Beauty baru-baru ini menjadi salah satu brand lokal yang sedang naik daun berkat dukungan vokal mereka terhadap Palestina. Di balik merek baru di industri kecantikan Indonesia ini ada sosok perempuan hebat, yaitu Alifah Ratu.

Alifah memiliki nama lengkap Alifah Ratu Saelynda, ia merupakan perempuan asal Bandung yang lahir pada 23 Desember 1994. Sebelum bergelut pada dunia kecantikan, Alifah merupakan lulusan Teknik Perminyakan Institut Teknologi Bandung yang memiliki minat pada bidang industri gothermal.

Ia merupakan mahasiswa  berprestasi yang mendapatkan beasiswa dari  Society of Petroleum Engineers,  Pemprov Jawa Barat, serta XL. Selama kuliah, Alifah juga aktif magang di Star Energy dan PT Supreme Energy hingga menjadi asisten dosen dan asisten laboratorium.

Alifah Ratu  Lulusan Teknik Perminyakan ITB yang Dirikan Teratu Beauty
(Foto: instagram.com/alifahratu)

Meski berprestasi dengan berbagai pengalaman tersebut, Alifah justru berbanting setir dengan menggeluti karier di industri kecantikan. Kariernya tersebut ia mulai dari hobinya dalam menggunakan make up meski kulitnya merupakan jenis kulit sensitif dan mudah berjerawat.

Dari permasalahan tersebut, Alifah mulai menjadi beauty vlogger di tahun 2012 karena ia menyadari bahwa banyak perempuan yang memiliki masalah kulit sama seperti dirinya. Ia kerap membagikan tips dan trik makeup, tutorial, serta review produk make up lokal dan drugstore untuk para acne fighter di berbagai platform media sosial seperti YouTube serta Instagram.

“Hai semuanya, perkenalkan namaku Alifah Ratu Saelynda. Aku seorang Acne Fighter & Beauty Enthusiast dari Indonesia,” tulisnya pada bio di akun Youtube miliknya yang memiliki 1,43 juta pengikut tersebut. 

Awalnya, ia hanya membuat video Youtubenya di saat senggang dengan bermodal makeup sehari-hari dan kamera pribadinya. Keisengannya ini berbuah manis karena pengikut Alifah semakin bertambah tiap harinya.

Alifah Ratu  Lulusan Teknik Perminyakan ITB yang Dirikan Teratu Beauty
(Foto: instagram.com/alifahratu)

Tak ingin menyia-nyiakan audiens tersebut, ia kemudian mulai mencoba peruntungan sebagai enterpreneurship. Ia mulai membuka bisnis Herbology Creation, obat diet herbal di bawah naungan CV Fandi Universal pada tahun 2017. Usahanya ini ia dirikan dengan bantuan pasangannya, Ricky Aditiya Fandi.

Bahkan, Ricky sampai memutuskan untuk berhenti bekerja kantoran dan fokus menjalani bisnisnya dengan Alifah. Pasangan ini kemudian menikah pada Desember 2018 dan berhasil dikaruniai buah hati bernama Isaac.

Usaha yang dibangun Alifah ini berkembang pesat dan ia terus melebarkan sayap dengan brand-brand lain, yaitu This! by Alifah Ratu yang didirikan Mei 2017, Seblak Duarr yang didirikan sejak Maret 2019, serta Teratu Beauty yang berdiri di tengah pandemi pada Februari 2020.

Brand kecantikan inilah yang justru naik daun dengan berbagai produk andalan, seperti Skin Barrier Serum, Rose Glow Spray, dan Miracle Deo Series. Teratu Beauty memiliki 243,4 ribu pengikut dengan penilaian positif 4.9 bintang dari para pengguna Shopee.

Alifah Ratu  Lulusan Teknik Perminyakan ITB yang Dirikan Teratu Beauty
(Foto: www.instagram.com/teratubeauty)

Meski awalnya tidak tahu apa-apa tentang bisnis, Alifah belajar perlahan hingga menemukan segmen konsumen yang tepat untuk Teratu Beauty, yaitu para pejuang acne fighter seperti dirinya. Alifah berusaha menyediakan solusi bagi permasalahan kulit berjerawat dan sensitif dengan berbagai produk perawatan yang gentle.

Kini, Alifah mendapat banyak respon positif dari masyarakat Indonesia berkat keaktifannya dalam menyuarakan dukungannya terhadap Palestina. Ia bahkan mengadakan diskon 10-30% untuk produk Teratu Beauty dengan seluruh profit yang didonasikan ke Palestina. 

“Mohon doanya, semoga Teratu Beauty bisa selalu menjadi salah satu jalan kami untuk bisa bermanfaat tidak hanya untuk Palestina, tapi juga seluruh masyarakat Indonesia,” ungkap Alifah Ratu melalui instagram pribadinya dan Teratu Beauty. [fa]

 
Related News
Popular News
 

News Topic