leader

Anti Bungkam, Seleb Dunia Kehlani Nyaring Bela Palestina

Penulis Rahma K
Nov 10, 2023
Kehlani. (Foto: Instagram/kehlani)
Kehlani. (Foto: Instagram/kehlani)

ThePhrase.id – Penyanyi dan penulis lagu asal Amerika Serikat (AS), Kehlani Ashley Parrish menjadi salah satu artis yang blak-blakan dan konsisten membela Palestina di tengah konflik antara Palestina dan Israel yang sedang berlangsung.

Dukungannya terhadap Palestina pertama kali ia suarakan pada 15 Oktober 2023 melalui sebuah unggahan di laman Instagram resminya. Unggahan tersebut berisikan tulisan tentang kutukan terhadap orang-orang yang takut untuk membela yang benar dan bagaimana diam berarti mendukung para penindas, meskipun harus menjadikan karier sebagai taruhannya.

Setelah itu, Kehlani tak henti membagikan unggahan demi unggahan pada laman Instagramnya yang memiliki lebih dari 15,7 juta pengikut, baik sebagai postingan, maupun sebagai Instagram Story hingga saat ini. Ia bahkan mengganti foto profilnya dengan foto bendera Palestina dengan tulisan “I Stand With Palestine”.

"(Saat ini) jam 4 pagi, rahang saya tidak bisa berhenti mengepal, dan mata saya tidak berhenti menangis. Gaza tengah mengalami malam-malam terburuk selama dua minggu terakhir saat kita semua tertidur," tulisnya di salah satu unggahannya.

 

"Bergabunglah (melakukan) berbagai cara untuk menuntut gencatan senjata. Hubungi perwakilanmu. Jangan berhenti melakukan protes. Jangan berhenti berdoa," lanjut pelantun lagu “Nights Like This” tersebut.

Kehlani juga mempertanyakan sesama artis, penyanyi, dan sosok yang berada di industri yang sama dengannya yang bungkam dan tidak menggunakan privilege yang mereka miliki untuk bersuara membela yang tertindas hanya karena uang dan bisnis.

Karena Kehlani merupakan satu dari segelintir selebritas dunia yang berani secara konsisten membela Palestina, tak sedikit publik yang memberikan apresiasi dan memuji keberaniannya membagikan unggahan tentang apa yang terjadi di Gaza, Palestina.

Profil Kehlani

Kehlani adalah penyanyi yang lahir dan besar di Amerika Serikat. Ia mulai terjun ke industri hiburan dan dikenal ketika mengikuti ajang pencarian bakat America's Got Talent musim keenam pada tahun 2011 bersama sebuah grup band bernama Poplyfe.

Namun, meskipun namanya mulai dikenal bersama Poplyfe, Kehlani hengkang dari grup tersebut karena satu dan lain hal terkait manajemen. Ia baru kembali muncul di tahun 2013 ketika merilis sebuah singel independen melalui platform SoundCloud yang berjudul "ANTISUMMERLUV".

Anti Bungkam  Seleb Dunia Kehlani Nyaring Bela Palestina
Kehlani. (Foto: Instagram/kehlani)

Lagu tersebut menyita perhatian pelaku industri kreatif, khususnya musik untuk menekuni bakat yang dimiliki Kehlani. Perempuan kelahiran 1995 ini kemudian merilis berbagai proyek setelahnya dan makin dikenal oleh publik.

Album mixtape komersial pertamanya yang berjudul "Cloud 19" (2014) masuk dalam deretan '50 Best Albums of 2014' versi Complex Networks. Sementara album mixtape keduanya "You Should Be Here" (2015) debut pada peringkat 4 di chart R&B/Hip-Hop Billboard.

Bahkan, album mixtape keduanya tersebut masuk dalam nominasi penghargaan bergengsi Grammy Award untuk kategori Best Urban Contemporary Album pada tahun 2016. Album mixtape "You Should Be Here" menjadi titik balik kariernya karena ia juga melangsungkan tur yang laris terjual di Amerika Utara dan Eropa.

Ketenaran Kehlani mulai menanjak dan mengglobal sejak saat itu. Hingga saat ini ibu satu anak tersebut telah merilis 3 album studio, 3 album mixtape, 70 singel, dan 15 singel promosi. Ia juga telah melangsungkan tur ke berbagai negara, termasuk Indonesia yang digelar pada Februari 2023 lalu. [rk]

 
Related News
Popular News
 

News Topic