lifestyleBeauty

Apakah Bawang Putih dapat Mengatasi Jerawat? Ini Faktanya!

Penulis Rahma K
Oct 29, 2023
Ilustrasi kulit berjerawat. (Foto: freepik)
Ilustrasi kulit berjerawat. (Foto: freepik)

ThePhrase.id – Apakah kamu pernah mendengar tips untuk mengatasi jerawat dengan menggunakan bawang putih? Selain digunakan sebagai bumbu dasar masakan, bawang putih juga dikatakan memiliki 'kemampuan' untuk mengatasi jerawat.

Jerawat sendiri adalah sebuah kondisi kulit yang menyebabkan sebuah benjolan muncul pada permukaan kulit. Jerawat terjadi ketika sel kulit mati, minyak, atau bakteri menyumbat pori-pori. Selain itu, jerawat juga muncul akibat faktor lain seperti stres, pola hidup yang tidak sehat, perubahan hormon, dan lain-lain.

Terdapat berbagai cara untuk mengatasi jerawat, mulai dari bahan-bahan alami, hingga bahan kimia aktif. Bawang putih menjadi salah satu dari bahan alami yang dikatakan dapat mengatasi jerawat berkat kandungannya.

Dilansir dari laman healthline, diketahui bahwa bawang putih memiliki sifat antibakter, antijamur, antivirus, serta antiseptik dari allicin. Allicin sendiri membantu membunuh bakteri penyebab jerawat, mengurangi pembengkakan dan peradangan, serta meningkatkan sirkulasi darah.

Selain itu, bawang putih juga memiliki tiosulfinat yang bertindak sebagai antimikroba, serta mengandung vitamin dan mineral yang dipercaya dapat melawan jerawat seperti vitamin C, vitamin B-6, selenium, tembaga, dan seng.

Sederet kandungan dan senyawa di atas memicu para peneliti untuk meneliti keampuan bawang putih untuk mengatasi jerawat. Terdapat satu penelitian yang dipublikasi terkait hal ini, tetapi tidak mengujinya langsung ke wajah, melainkan ke punggung tangan.

Apakah Bawang Putih dapat Mengatasi Jerawat  Ini Faktanya
Ilustrasi bawang putih. (Foto: pexels/Karolina Grabowska)

Penelitian ini diterbitkan pada Asian Journal of Pharmaceutical and Clinical Research pada tahun 2017. Dari 20 peserta, sebagian besarnya menunjukkan tanda aman atau tidak iritasi atau ruam ketika punggung tangan mereka dioleskan gel yang mengandung bawang putih mentah dengan konsentrasi 3,5% atau 7,5%.

Selain itu, temuan dalam penelitian tersebut yang dilakukan di laboratorium juga menemukan bahwa gel bawang putih memiliki sifat antibakteri yang sama dengan antibiotik untuk jerawat, yakni klindamisin yang melawan bakteri penyebab jerawat, C.acnes.

Temuan ini dapat dikatakan sebagai langkah potensial untuk mengatasi jerawat dengan bawang putih. Tetapi, belum ada temuan yang secara pasti menemukan dan mengatakan bahwa bawang putih dapat mengatasi jerawat.

Untuk itu, ada baiknya untuk tidak mengoleskan bawang putih mentah secara langsung pada kulit jika ingin mendapatkan manfaat dari kandungan dan senyawa yang dimilikinya. Pasalnya, selain karena belum terbukti oleh penelitian, bawang putih juga dapat memunculkan beberapa masalah.

Beberapa di antaranya seperti iritasi atau ruam kulit, reaksi aleri, pembengkakan dan kemerahan pada kulit, lecet, dan lain-lain. Namun, hal ini tergantung kulit masing-masing orang. Setiap orang memiliki jenis dan kondisi kulit yang berbeda. Maka dari itu, jangan menggunakan langsung pada wajah apabila belum melakukan uji tempel terlebih dahulu.

Dua dari beberapa cara yang direkomendasikan untuk mendapatkan manfaat dari bawang putih untuk kulit wajah adalah dengan diminum dengan cara dijus dan meminum suplemen yang mengandung bawang putih.

Namun, jika ingin menggunakan bawang putih secara topikal langsung pada kulit, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. [rk]

 
Related News

Popular News

 

News Topic