lifestyleCoffee

Apakah Kopi Gluten Free? Yuk Simak Faktanya!

Penulis Firda Ayu
Nov 06, 2023
(Foto: Canva/Alina Semenenko)
(Foto: Canva/Alina Semenenko)

ThePhrase.id - Akhir-akhir ini banyak orang yang menyebut bahwa mereka tidak dapat mengonsumsi gluten atau gluten intolerantLantas, apakah kopi gluten free dan aman dikonsumsi bagi para gluten intolerant?

Jawaban singkatnya adalah kopi merupakan gluten-free dan dapat dinikmati bagi para gluten intolerant. 

Gluten sendiri merupakan istilah yang digunakan pada protein yang ditemukan pada biji-bijian, seperti gandum yang dapat ditemukan di hampir semua makanan. Berbagai makanan yang mengandung gluten, seperti pasta, roti, hingga sereal umum menjadi makanan favorit semua orang.

Kandungan gluten sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti menurunkan risiko penyakit kronis hingga menyehatkan sistem pencernaan. Namun, konsumsi gluten dapat menimbulkan efek samping serius, seperti berat badan turun, malnutrisi, hingga kerusakan usus,  bagi beberapa orang yang alergi terhadap gluten atau menderita penyakit celiac

Apakah Kopi Gluten Free  Yuk Simak Faktanya
Ilustrasi aneka minuman kopi (Foto: Canva/StockSnap from Pixabay)

Celiac sendiri merupakan respon autoimun yang salah dengan dipicu oleh konsumsi makanan maupun minuman yang mengandung gluten. Penyakit ini bersifat turun-temurun dengan perkiraan 1% populasi orang menderita penyakit celiac.

Bagi penderita celiac yang ingin menghindari gluten, tak perlu khawatir karena kopi tidak mengandung gluten. Meski merupakan biji-bijian, pohon kopi bukan bagian dari famili yang sama dengan gandum, barley, maupun rye sehingga kopi tidak mengandung gluten.

Meski demikian, bahan yang ditambahkan pada kopi dapat menentukan apakah kopi tersebut tetap bersifat gluten free atau tidak. Secangkir kopi hitam dan secangkir kopi susu full-cream sudah dapat dipastikan aman bagi yang alergi gluten. 

Namun penikmat kopi susu perlu memperhatikan kandungan susu yang digunakan. Susu sapi aman dikonsumsi karena gluten free, sementara menggunakan jenis susu alternatif, seperti susu oat, tidak aman untuk dikonsumsi penderita celiac karena mengandung gluten. Lihat label pada susu dan pastikan bahwa susu yang digunakan pada kopi tidak berasal dari biji-bijian.

Krimer yang ditambahkan pada kopi juga dapat menjadi jebakan bagi penderita celiac karena creamer biasanya dianggap tidak mengandung gluten. Namun, krimer sebenarnya mengandung gluten, sehingga perlu diperhatikan penggunaannya pada kopi karena sering digunakan untuk memberikan minuman tekstur yang lebih menarik.

Bagi pecinta kopi yang menderita celiac, kopi aman dan sepenuhnya bebas dari gluten. Nikmati secangkir kopi hitam maupun kopi susu tanpa perlu khawatir akan kandungan gluten. Kamu bisa meminta pada barista di coffee shop favorit untuk memastikan bahwa kandungan lain, seperti krimer menggunakan kandungan yang bebas dari gluten. [fa]

 
Related News
Popular News
 

News Topic