lifestyle

Mengenal Pola Makan Gluten Free untuk Pengidap Penyakit Celiac

Penulis Rahma K
Nov 05, 2023
Ilustrasi makanan gluten free. (Foto: freepik/master1305)
Ilustrasi makanan gluten free. (Foto: freepik/master1305)

ThePhrase.id – Gluten free adalah sebuah pola makan yang mana penganutnya tidak mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. Pola makan ini telah marak diadopsi oleh berbagai kalangan di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Gluten sendiri adalah sebuah protein yang terkandung pada beberapa jenis makanan. Gluten biasanya ditemukan di makanan dan bahan makanan yang terbuat dari gandum, gandum hitam, dan barley. Begitu juga turunan makanan yang mengandung ketiga bahan di atas.

Pada makanan yang terbuat dari gandum seperti roti, kue kering, pasta, sereal, sup dan saus yang mengandung roux (campuran tepung dan mentega) juga ditemukan gluten. 

Sementara itu, makanan dan minuman yang terbuat dari gandum hitam seperti roti, bir, dan sereal juga mengandung gluten. Terakhir, makanan dan produk dari barley yang mengandung gluten adalah seperti bir, ragi, malt, tepung barley, dan lain-lain.

Pola makan gluten free ini digunakan oleh para pengidap penyakit celiac. Celiac adalah penyakit autoimun pada individu yang intoleran terhadap gluten. Jika gluten dikonsumsi, sistem kekebalan tubuh akan bereaksi memproduksi antibodi yang berbalik menyerang tubuh.

Bagian tubuh yang diserang adalah dinding usus halus. Kondisi ini kemudian akan membuat lapisan usus halus mengalami kerusakan yang menghambat penyerapan nutrisi. Penyakit yang akan dirasakan para pengidap celiac adalah diare, kembung, sembelit, dan anemia.

Maka dari itu, di banyak negara yang mengonsumsi gandum sebagai sumber karbohidrat utama, dapat ditemukan banyak produk gluten free atau bebas dari gluten untuk mengakomodir para pengidap penyakit celiac.

Selain untuk para pengidap penyakit celiac, produk gluten free juga ditujukan untuk orang-orang sensitivitas gluten non-celiac atau non-celiac gluten sensitivity (NCGS). NCGS adalah bentuk lain dari intoleransi gluten.

Perbedaannya adalah, orang yang mengalami NCGS merasakan gejala-gejala yang miirp seperti penyakit celiac, yakni seperti diare. Tetapi, gluten yang dikonsumsi tidak membuat mereka mengalami gangguan pada usus layaknya para penderia celiac.

Lantas, bagaimana dengan orang-orang sehat, apakah boleh mengonsumsi produk gluten free? Dilansir dari laman hellosehat, jika kita tidak memiliki penyakit yang mengharuskan tidak mengonsumsi gluten, maka tidak perlu menggunakan produk-produk gluten free.

Pasalnya, produk gluten free tidak memberikan manfaat tertentu yang spesial bagi tubuh jika dikonsumsi oleh orang sehat. Untuk kesehatan, ada baiknya untuk melakukan pola makan yang sehat dengan makanan bergizi seimbang serta olahraga secara rutin. [rk]

 
Related News

Popular News

 

News Topic