lifestyleHealth

Apakah Meminum Air pH Tinggi Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh? Cek Faktanya!

Penulis Rahma K
Oct 15, 2023
Ilustrasi air alkali. (Foto: freepik)
Ilustrasi air alkali. (Foto: freepik)

ThePhrase.id – Air minum pada umumnya memiliki pH netral, yakni pH 7. Namun, apakah kamu pernah mendengar tentang klaim bahwa meminum air minum dengan pH yang lebih tinggi memiliki manfaat lebih bagi kesehatan?

Apakah klaim tersebut benar? Air dengan pH yang lebih tinggi dari 7 disebut juga sebagai air alkali. Umumnya, air alkali memiliki angka pH yang mencapai 8 hingga 9. 

Sebagai informasi, kadar pH pada air minum merupakan indikator akan tingkat asam atau basa pada air. Penilaiannya menggunakan skala dari 0 hingga 14. Semakin asam sebuah air, maka angka pH-nya akan semakin rendah, begitu juga jika semakin basa maka akan semaking tinggi.

Air dengan tingkat pH 8-9 dikatakan memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh seperti dapat mencegah berbagai penyakit mulai dari penyakit jantung, mengurangi risiko terkena osteoporosis, hingga mencegah kanker.

Apakah benar? Dilansir dari laman hellosehat, air dengan pH 8+ mengandung mineral alkali dan ORP negatif. ORP atau oxidation reduction potential sendiri merupakan kemampuan air untuk berlaku sebagai antioksidan. Maka, semakin negatif nilai ORP, maka air akan memiliki semakin banyak kandungan antioksidan di dalamnya.

Dengan begitu, maka air alkali memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa di antaranya adalah:

1. Bantu mencegah refluks asam

Dilansir dari laman halodoc, sebuah studi di tahun 2012 berjudul “Potential benefits of pH 8.8 alkaline drinking water as an adjunct in the treatment of reflux disease” mengatakan bahwa meminum air alkali pH 8,8 dapat menonaktifkan pepsin, enzim utama yang menyebabkan gejala asam lambung.

2. Bantu mengendalikan tekanan darah

Selain itu, air alkali juga dikatakan dapat membantu mengendalikan tekanan darah. Hal ini diteliti dalam Journal of Nursing and Health Services yang melakukan penelitian pada 40 responden yang menderita hipertensi tingkat 1 dan dibagi dalam dua kelompok.

Studi ini menemukan bahwa kelompok pertama yang mengonsumsi air alkali dengan pH 8,5 sebanyak 1,5 liter/hari selama 21 hari memiliki tingkat trigliserida yang lebih rendah, dibandingkan yang hanya diberikan obat hipertensi dan air mineral biasa.

3. Bantu jaga kesehatan tulang

Tahukah kamu? Air alkali ternyata diungkapkan dalam studi-studi dapat menghambat resorpsi tulang. Resorpsi tulang sendiri adalah pemecahan sel-sel tulang lama menjadi sel tulang yang baru. Semakin sedikit pemecahan yang terjadi, maka tulang akan semakin kuat.

4. Manfaat lainnya

Selain beberapa manfaat di atas, air alkali memiliki beberapa manfaat lainnya bagi kesehatan yang dibuktikan melalui beberapa penelitian, seperti:

  • Mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker
  • Memperlambat proses penuaan kulit
  • Meredakan gangguan pencernaan
  • Membersihkan usus besar
  • Mendukung sistem kekebalan tubuh

Itu dia fakta dan beberapa manfaat dari meminum air dengan pH yang tinggi atau air alkali bagi kesehatan tubuh. Air alkali dapat dengan mudah dibeli di mini market atau super market, yakni air kemasan beberapa merek tertentu yang menuliskan angka pH pada kemasannya. [rk]

 
Related News

Popular News

 

News Topic