ThePhrase.id – Pada bulan April 2022, PT Honda Prospect Motor (HPM) mencatat penjualan yang meningkat dari bulan sebelumnya, yakni 8 persen lebih besar. Bulan ini penjualan retail Honda mencapai 10.289, sedangkan bulan lalu sebanyak 9.554 unit.
Terdapat beberapa mobil yang berkontribusi dalam penjualan yang meningkat tersebut. Yang pertama adalah mobil LCGC (Low Cost Green Car) andalan berbagai kalangan di Indonesia, yaitu Honda Brio. Model ini mencatat penjualan tertinggi sebanyak 4.914 unit.
Angka tersebut hampir mencapai setengah dari total penjualan retail Honda pada bulan April 2022 atau sebesar 48 persennya. Varian yang laris adalah Honda Brio Satya sebsar 3.628 unit dan Honda Brio RS sebesar 1.286 unit.
All New Honda HR-V di IIMS 2022. (Foto: Rahma K/ThePhrase.id)
Yang kedua adalah mobil terbaru yang Honda luncurkan pada akhir Maret 2022 lalu, yaitu All new Honda HR-V. Pasalnya, di awal April 2022 saja Honda umumkan pemesanan HR-V yang telah mencapai 5.363 unit. Sedangkan penjualan nyatanya mencapai 1.892 unit, berkontribusi sebesar 18 persen dari total penjualan April 2022.
Model ketiga yang juga berkontribusi dalam penjualan Honda bulan April 2022 adalah All New Honda BR-V. Mobil ini baru diluncurkan akhir tahun lalu, yaitu pada 21 September 2021 maka masih diburu oleh banyak masyarakat. Penjualannya mencapai 1.811 unit, selisih 81 unit dengan HR-V terbaru, dan berkontribusi 18 persen dari total penjualan.
Selain ketiga mobil di atas, model-model lain Honda juga turut memberikan kontribusi seperti New Honda CR-V yang berhasil terjual sejumlah 775 unit, Honda City Hatchback RS sejumlah 435 unit, dan Honda Mobilio sejumlah 304 unit.
Sedangkan pada jajaran mobil sedan Honda seperti New Accord berhasil terjual 66 unit, All new Honda City berhasil terjual sebanyak 48 unit, dan All New Honda Civic RS sebesar 42 unit.
Perbedaan angka ini tentu dipengaruhi dengan selera pasar yang lebih tertarik dengan mobil sporty seperty SUV dan mobil multi-fungsi seperti MPV dan juga mobil kecil, LCGC, dan hatchback, dibandingkan dengan varian sedan.
All new Honda BR-V di JAW 2022. (Foto: Nadira/ThePhrase.id)
Menurut Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, Yusak Billy, permintaan masyarakat atas kendaraan meningkat untuk mendukung aktivitas yang tinggi pada masa libur Lebaran April 2022 lalu.
"Permintaan konsumen yang tinggi pada masa libur Lebaran dan aktivitas masyarakat yang semakin meningkat saat ini mendukung peningkatan penjualan di bulan April lalu. Kami juga bersyukur bahwa model-model baru khususnya All New BR-V, All New HR-V, dan City Hatchback juga diterima dengan baik oleh konsumen dan berkontribusi signifikan terhadap penjualan Honda," ujar Yusak Billy.
Untuk mempertahankan dan meningkatkan penjualan di bulan Mei ini, Honda juga menawarkan program penjualan kepada konsumen Tanah Air dengan tajuk "Kembali Silaturahmi Bersama Honda" yang berlaku selama bulan Mei.
Konsumen akan mendapatkan biaya perawatan berkala gratis yang terdiri dari Jasa + parts sampai dengan 50.000 km atau 4 tahun jika membeli beberapa model Honda, yaitu Honda Bario (Satya dan RS), Honda Mobilio, Honda City Hatchback RS, dan Honda CR-V.
Selain itu, Honda juga menawarkan keuntungan bagi calon konsumen yang melakukan SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) selama bulan Mei 2022 ini, yaitu DP rendah mulai dari 10 persen, biaya angsuran yang rendah, bunga rendah, test drive berhadiah, bebas biaya paket perawatan berkala (free paket hemat 1), hingga hadiah seperti Lucky Dip jutaan rupiah dan Grand Prize senilai jutaan rupiah. [rk]