auto

Atasi Charging Anxiety, ALVA Perluas Jaringan Charging Station

Penulis Rahma K
Jul 01, 2024
Ilustrasi charging station ALVA. (Foto: alvaauto.com)
Ilustrasi charging station ALVA. (Foto: alvaauto.com)

ThePhrase.id – ALVA, salah satu brand sepeda motor listrik di Indonesia mengungkapkan bahwa sekitar 60 persen calon pengguna kendaraan listrik merasa khawatir akan jangkauan baterai dan ketersediaan infrastruktur pengisian daya.

Temuan yang merupakan hasil survei yang dilakukan oleh Indonesia Electric Vehicle Association (IVEA) tersebut wajar terjadi karena kendaraan listrik merupakan bentuk dari kendaraan baru yang makin lama makin berkembang di Indonesia.

Terlebih lagi, infrastruktur pengisian daya masih belum banyak dibandingkan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang dapat ditemukan dengan mudah di tiap sudut jalan di penjuru Indonesia.

Belum banyaknya penggunaan kendaraan listrik jika dibandingkan dengan kendaraan bermesin bensin juga menjadi motif masyarakat yang masih merasa abu-abu akan jangkauan baterai dari sebuah kendaraan.

ALVA juga menunjukkan bahwa 80 persen pengguna motor listrik mulai mengisi daya baterai ketika kapasitas baterai mencapai 76%. Sedangkan 50 persen pengguna mulai mengisi daya pada kapasitas 53%.

Atasi Charging Anxiety  ALVA Perluas Jaringan Charging Station
Charging station ALVA. (Foto: alvaauto.com)

Fenomena ini disebut sebagai "Charging Anxiety", di mana konsumen Indonesia cenderung lebih khawatir dan mempertimbangkan di mana mereka bisa mengisi daya motor listrik mereka, bukan hanya seberapa jauh (range) jangkauan motor listrik mereka.

Untuk itu, ALVA melakukan langkah untuk mengatasi ini sekaligus berkontribusi dalam mengembangkan infrastruktur kendaraan listrik roda dua di Indonesia dengan memperluas jaringan charging station.

Saat ini, ALVA telah menyediakan 10 lokasi charging station di berbagai titik strategis dan berencana untuk terus menambah jumlahnya untuk memberikan kemudahan bagi konsumen untuk mengisi daya baterai motor listrik mereka.

Konsumen dapat mencari lokasi pengisian daya baterai motor ALVA melalui aplikasi My ALVA Mobile App di smartphone yang juga memiliki konektivitas dengan motor listrik untuk mengetahui berbagai informasi tentang keadaan motor. Aplikasi ini juga bisa memberikan rute ke charging station ALVA terdekat.

Melengkapi rencana strategis tersebut, ALVA juga telah berkolaborasi dengan mitra penyedia jasa bengkel modern, Otoklix, untuk melebarkan layanannya ke jaringan bengkel Otoklix di area Jabodetabek. Hal ini bertujuan untuk menjangkau lebih banyak lagi konsumen ALVA yang hendak melakukan perawatan maupun servis motor listriknya. [rk]

Artikel Terkait Pilihan ThePhrase

 
Banyak dibaca
Artikel Baru
 

News Topic