auto

Berperforma Tinggi, Mobil Listrik Konsep Lamborghini Lanzador Diperkenalkan pada Dunia

Penulis Rahma K
Aug 31, 2023
Lamborghini Lanzador. (Foto: lamborghini.com)
Lamborghini Lanzador. (Foto: lamborghini.com)

ThePhrase.id – Brand supercar Lamborghini pada pertengahan Agustus 2023 ini memperkenalkan mobil konsep terbarunya yang digadang-gadang akan menjadi mobil listrik pertama pabrikan asal Italia tersebut. 

Mobil konsep yang diberi nama Lamborghini Lanzador ini dipamerkan secara perdana pada Monterey Car Week di Monterey County, California, Amerika Serikat pada 18 Agustus 2023. 

Pengenalan ini merupakan bagian dari langkah signifikan Lamborghini menuju dekarbonisasi dan elektrifikasi. Mobil ini juga merupakan sebuah preview visioner dari model keempat yang diumumkan Lamborghini dan direncanakan hingga 2028.

"Dengan konsep ini, kami memperkenalkan segmen mobil baru, yakni Ultra GT, yang siap menawarkan kepada pelanggan pengalaman berkendara yang baru dan tak tertandingi, khas Lamborghini, berkat teknologi yang inovatif," ungkap CEO dan Chairman dari Automobili Lamborghini, Stephen Winkelmann, Jumat (18/8), dilansir dari laman resmi Lamborghini.

Berperforma Tinggi  Mobil Listrik Konsep Lamborghini Lanzador Diperkenalkan pada Dunia
Lamborghini Lanzador. (Foto: lamborghini.com)

Lanzador didesain mengusung konsep Gran Turismo 2+2, dan memiliki desain yang futuristik dengan DNA Lamborghini yang khas, beserta kesan sporty yang kental, meskipun merupakan mobil listrik. 

Lamborghini membekali mobil konsep ini bukan hanya dengan satu motor listrik, tetapi dua yang ditempatkan di masing-masing gandar. Dua motor listrik ini memberikan penggerak semua roda (all-wheel drive) yang lebih efisien di berbagai kondisi dan gaya berkendara.

Yang membuat orang-orang tercengang dari kedua motor listrik ini adalah daya puncak yang dapat dihasilkan. Lamborghini mengklaim mobil ini dapat menghasilkan lebih dari satu megawatt dari baterai berperforma tinggi, lebih tepatnya 1,341 hp (daya kuda).

Dari sisi eksteriornya, mobil ini memiliki desain khas Lamborghini yang mewah. Terlebih lagi, Lanzador memiliki aura sporty yang kental layaknya Lamborghini Urus,  yang mana mobil ini dikatakan akan mengikuti jejak Urus dengan mode off-road.

Kesan sporty juga dapat dilihat dari  fasia depannya yang agresif dengan lubang udara besar, serta velg yang besar, berukuran 23 inci. Dari sisi samping, terlihat bahwa mobil konsep ini hanya memiliki dua pintu, meski muat menampung hingga empat orang. 

Berperforma Tinggi  Mobil Listrik Konsep Lamborghini Lanzador Diperkenalkan pada Dunia
Lamborghini Lanzador. (Foto: lamborghini.com)

Masuk ke bagian interior, Lamborghini turut mewujudkan konsep ramah lingkungan dari dalam kabin, bukan hanya pada motor listrik. Hal ini dapat dilihat dari bagian-bagian interiornya yang terbuat dari bahan ramah lingkungan, tetapi tetap memberikan kesan yang mewah seperti wol merino dan serat karbon regenerasi. 

Meskipun masih terdapat beberapa elemen plastik di interiornya, penempatannya tidak terlihat mata, dan menggunakan serat daur ulang yang dicetak secara tiga dimensi. Terlebih lagi, berbagai interiornya mengusung konsep futuristik dengan lingkungan yang ergonomis, hingga panel kontrol yang ringan dan ramping.

Selain itu, Lamborghini juga menonjolkan beberapa hal dari mobil ini. Yang pertama adalah aerodinamika aktif di bagian depan dan belakang yang memaksimalkan efisiensi aerodinamis dalam berbagai mode berkendara.

Selanjutnya, Lamborghini juga memperkenalkan sistem kontrol berkendara Lamborghini Dinamica Veicolo Integrata (LDVI) yang menawarkan berbagai pilihan untuk pengemudi menyesuaikan gaya berkendara, dan juga pengaturan-pengaturan lainnya seperti yang terkait dengan jarak tempuh. [rk]

 
Related News

Popular News

 

News Topic